Kadis Sosial Kota Gunungsitoli Jelaskan Tentang Penerima BST

Metrobatam.com, Gunungsitoli – Berdasarkan postingan yang beredar di Media sosial Terkait dengan adanya masyarakat Kota Gunungsitoli yang tidak tercatat namanya sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) periode II pada penyaluran tahap 4 dan 5. Sedangkan sebelumnya, tercatat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada penyaluran tahap 1, 2, 3 (Periode I).

Pada saat awak media menemui Kepala Dinas Sosial Kota Gunungsitoli, Asieli Zega yang didampingi oleh Kabid Pemberdayaan Sosial, Arosa Zebua di kantor Dinas Sosial Kota Gunungsitoli. Rabu (02/09/2020) sekira pukul 11.30 WIB,  menyampaikan, bahwa kami sudah Koordinasi kepada Kemensos, karena data Penerima BST tersebut dari Kementerian sosial dan langsung turun ke PT. Pos Indonesia-Gunungsitoli, Jadi Kami tidak mengetahui kalau ada masyarakat penerima BST sebelumnya, yang tidak tercatat namanya sebagai penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BST) pada penyaluran tahap 4 dan 5 (periode II)

Read More

Asieli Zega menjelaskan, bahwa bagi penerima KPM Bantuan Sosial Tunai (BST) yang tidak tercantum namanya pada daftar tahap 4 dan 5 disebabkan adanya pergeseran dan perluasan data.

“Nama-nama Penerima BST yang tidak tercatat lagi dalam daftar penerima Tahap 4 dan 5.(periode ll) telah dialihkan ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) perluasan. Artinya, yang bersangkutan tidak lagi menerima BST  mulai dari tahap 4 & 5 sampai tahap selanjutnya, “Sebut Kadis.

Sedangkan, Kabid Pemberdayaan Sosial, Arosa Zebua mengatakan, bahwa bagi penerima BST hanya sampai bulan desember mendatang. Namun bagi penerima KPM BPNT lebih panjang waktunya selama termuat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Untuk penerima manfaat BPNT menerima bantuan sebesar Rp.200 ribu per bulan dalam bantuan bahan pokok berupa beras dan telur yang dapat diambil di Agen Breling terdekat, ” mengakhiri. (DZ)

Related posts