Pjs Wali Kota Batam Terima Kunker Pjs Gubernur Kepri Dalam Rangka Persiapan Pilkada

Metrobatam.com, Batam – Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam Syamsul Bahrum menerima kunjungan kerja (kunker) Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin dalam rangka persiapan Pilkada dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di Kota Batam tahun 2020 di panggung utama Dataran Engku Putri Batam, Selasa (29/9/2020) sore.

Kunker tersebut ditandai dengan penandatangan komitmen bersama Pemerintah Kota (Pemko) Batam bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri terkait pelaksanaan penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kota Batam.

Tidak hanya itu, turut hadir dalam kegiatan tersebut pasangan Walikota dan Wakil Walikota Pilkada 2020. Pasangan calon nomor urut 2 Muhammad Rudi -Amsakar Achmad hadir langsung dalam kegiatan tersebut sedangkan Calon Walikota nomor urut 1, Lukita Dinarsyah Tuwo berhalangan hadir dan diwakili Ketua pemenangannya serta calon wakilnya, Abdul Basyid Has. Kegiatan ini juga dihadiri penyelenggara Pemilu baik KPU Batam maupun Bawaslu Batam.

“Pertemuan tersebut perihal saling kenal maupun saling kunjung dari Pjs Gubernur Kepri juga membicarakan kondisi perpolitikan, situasi pandemi Covid-19 serta kondisi Batam pada umumnya,” kata Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum.

Bacaan Lainnya

Ia menyebutkan, Pjs telah diamanatkan Mendagri Tito Karnavian beberapa hal. Di antaranya, menekan penyebaran Covid-19 sekaligus meningkatkan kesembuhan. Lalu, mensukseskan pelaksanaan Pilkada yang aman, tertib, adil sesuai dengan koridor penanganan Covid-19 yang super ketat.

“Fokus tugas yang lain adalah pemulihan ekonomi. Untuk diketahui, terakhir pertumbuhan ekonomi kita masih minus, untuk Kepri minus 6,6 persen. Kemudian memberikan jaminan bahwa pelayanan publik tetap berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Mengawali sambutannya, Pjs Gubernur Kepri Bahtiar menyampaikan terimakasih kegiatan tersebut telah menerapkan protokol kesehatan, terlebih digelar pada ruangan terbuka.

Ia mengingatkan, Pilkada kali ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya karena dilaksanakan di tengah pandemi. Kehadiran semua pihak dalam kegiatan tersebut membuat dirinya yakin perlaksanaan Pilkada 2020 di Batam dan Kepri akan berjalan dengan lancar dan baik.

“Bicara soal pandemi baik secara konsepsi dan praktik, kemungkinan terjadinya penularan akan lebih besar apabila berkerumun, apapun jenis kerumunannya. Oleh karenanya, kita desain pelaksanaan Pilkada serentak 2020 dengan jaminan syarat dan kondisi terpenuhi, bahwa hal yang bisa menjadi faktor penyebab Covid-19 harus dihentikan,” imbuhnya.

Untuk itu pemerintah menyiapkan semua perangkat hukum yang mendukung upaya menekan penyebaran dan penegakan hukum Covid-19. Selain itu ia mengajak semua pihak terlebih yang berkaitan langsung dengan pilkada maupun masyarakat untuk menjadikan Pilkada Batam maupun Kepri menjadi contoh pelaksanaan Pilkada yang menjunjung tinggi penerapan protokol kesehatan.

“Di tingkat Kepri sayaa sudah sowan juga ke pasangan-pasangan calon untuk ikut andil mengendalikan para simpatisan untuk menjaga protokol kesehatan tetap terlaksana,” imbuhnya.

Ia mengingatkan, beberapa waktu lalu pelaksanaan Pilkada telah mendapat masukan dari Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan elemen lain untuk ditunda. Ia menyebutkan masukan tersebut tentu merupakan masukan yang penting bagi evaluasi pelaksanaan Pilkada.

“Maka desain Pilkada 2020, buktikan dari yang awal diindikasikan masalah justru menjadi instrumen melawan covid,” kata dia.

Ia berharap pasangan calon juga ikut andil untuk mengendalikan massa maupun simpatisan. Agar Batam menjadi contoh pelaksanaan Pilkada yang baik ditengah pandemi. “Saya sejak awal menggelorakan gerakan pilkada sehat. Kita ingin Batam dan Kepri menjdi contoh bahwa kita mampu melaksanakan pilkada di tengah pandemi sesuai rencana,” ucap dia.

(mcb/mb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *