Untuk Indonesia Maju, Pelayanan Publik Harus Cepat

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Sekdaprov H. TS Arif Fadillah menegaskan bahwa pelayan publik di Kepri harus semakin berkualitas. Juga harus ada percepatan dan kecepatan serta kemudahan penerbitan perizinan.

“Peningkatan  pelayanan difokuskan ke PTSP. Integrasikan pelayanan melalui program OSS (online single submission) sebagai upaya mempermudah dan mempercepat layanan perizinan berusaha,” kata Arif usai menghadiri Rakernas Forsesdasi di Ruang Rapat Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Rabu (30/9).

Read More

Rakernas ini dibuka langsung Sekjen Kemendagri. Dari Rakernas itu juga sepakat kembali menunjuk Provinsi Kepri untuk menjadi Tuan Rumah Rakernas Tahun 2021.

Untuk peningkatan pelayanan, kata Arif, segera lakukan penguatan lembaga dengan penyesuaian SOTK. Kepri sendiri terus melakukan penguatan. Termasuk pada sumber daya manusianya.

Pada Rakernas dengan tema Peningkatan Kualitas dan Percepatan Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Indonesia Maju itu juga dibahas tentang program pemulihan ekonomi. Apalagi di tengah pandemi.

Menurut Arif, fokus penanganan Covid-19, juga menjadi prioritas agar rakyat tetap sehat. Sebagai Ketua Harian Satgas Covid-19 di Kepri, Arif mengatakan program penanganan dan pencegahan Covid-19 menjadi prioritas. Termasuk pemulihan ekonomi.

“Kita sejalankan dengan program nasional,” kata Arif.

Bagi daerah yang pilkada, dari Rakernas itu pun diperintahkan agar mempercepat NPHD dan pencairannya. Kepri sendiri kata Arif menjadi provinsi pertama yang selesai masalah NPHD nya. Termasuk menambah anggaran untuk pilkada yang ditunda menjadi 9 Desember dari jadwal sebelumnya.

Menurut Arif solusi Pelaksanaan Pilkada di tengah Pandemi juga diprioritaskan. Dalam setiap tahapan harus menerapkan protokol kesehatan. Juga pemenuhan APD bagi penyelenggara dan petugas keamanan untuk melaksanakan protokol kesehatan.

“Sosialisasi dan penegakan disiplin penerapan protokol kesehatan. Juga sosialisasi secara masif pelaksanaan pilkada yang aman, sehat, dan demokratis di masa pandemi,” kata Arif.

(budi)

Related posts