Kabid Humas Polda Sumbar: Wartawan Ujung Tombak Informasi

Kepala Bidang Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto ketika memfasilitasi rapid test puluhan wartawan (Foto:Tribratanews.sumbar)

Padang (Metrobatam.com) – Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto, S.Ik menegaskan bahwa wartawan merupakan ujung tombak informasi, sehingga layak mendapat perhatian dalam melakukan aktivitas profesinya.

Hal tersebut disampaikan Kombes Pol Satake, ketika memfasilitasi rapid test puluhan wartawan yang tergabung di Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Sumbar di Rumah Sakit Bhayangkara Padang, Jumat (30/10/2020).

Bacaan Lainnya

“Profesi wartawan sangat rentan terhadap pandemi, karena berhubungan dengan banyak orang serta banyak kegiatan, sehingga perlu kewaspadaan dalam menjalankan tugas dan fungsi jurnalis,” katanya.

Dikatakan, sebagai mitra langsung Humas Polri, wartawan merupakan corong kepolisian dalam menyampaikan informasi. Baik yang berkaitan dengan kewaspadaan masyarakat dalam menangani pandemi Covid-19 maupun  kewaspadaan dalam mengantisipasi kejahatan.

“Wartawan mitra langsung kita di Humas Polri, khususnya Polda Sumbar. Untuk itu amat perlu kami selalu bergandengan tangan menjalin silaturahmi kemitraan, khususnya dalam menyiarkan kewaspadaan Covid-19, dan kewaspadaan lainnya untuk kepentingan masyarakat,” sebutnya.

Kemudian, tanpa bantuan media melalui wartawannya, masyarakat akan sulit menerima informasi yang benar karena media menyampaikan informasi secara objektif dan akurat, tidak sama dengan informasi di media sosial.

“Media massa menyampaikan informasi itu dengan aturan sehingga objektif dan selektif serta bisa dipertanggung jawabkan, tidak sama dengan media sosial yang informasinya belum tentu dapat dipertanggung jawabkan,” ujar Kabid Humas.

(tribratanews.sumbar)

Pos terkait