Polisi Ungkap Pelaku Skimming Jaringan Internasional di Padang

Polisi saat menggelar jumpa pers dan menghadirkan kelima tersangka di Polresta Padang, Jumat (23/10). (Antarasumbar/FathulAbdi)

Metrobatam.com, Padang – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengungkap kasus tindak pidana pencurian informasi kartu debit atau kredit dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu (skimming).

“Dari pengungkapan kasus ini kami menangkap lima pelaku yang diduga telah beraksi di beberapa mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BNI di Padang,” kata Kepala Kepolisian Resor Kota Padang, AKBP Imran Amir saat memberikan keterangan pers di Padang, Jumat.

Ia mengatakan para pelaku diketahui sudah berada di Kota Padang sejak 13 Oktober 2020 dan beraksi di tiga titik lokasi mesin ATM BNI.

Mereka adalah ML (31), SW (27), RRL (35), SD (34), dan JAS (24) yang diketahi berasal dari Sumatera Utara.

Bacaan Lainnya

“Para WNI ini berperan sebagai eksekutor, sedangkan data dan uang nasabah dikirim dan dipindahkan ke Malaysia dan dikendalikan seseorang dari luar negeri,” ungkapnya. Dikutip dari antara.com.

Polresta Padang akan berkoordinasi dengan Mabes Polri untuk memburu aktor di balik aksi skimming, termasuk dengan pihak bank untuk mengumpulkan data nasabah.

Pengungkapan kasus itu berawal dari laporan masyarakat yang curiga dengan gerak-gerik kelima pelaku di salah satu mesin ATM BNI dan langsung ditindaklanjuti.

Ternyata di mesin ATM BNI terpasang chip dan kamera mini persis berada di atas tombol pin dan lubang kartu.

Pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan untuk mencari keberadaan para pelaku.

“Anggota Polsek Lubuk Begalung bersama jajaran Satreskrim akhirnya menangkap lima orang yang melakukan ilegal akses ini,” katanya.

Para pelaku waktu penangkapan tengah berkumpul di Hotel Syariah Reddors.

“Kami masih terus mendalami serta memgembangkan kasus ini hingga diungkap tuntas,” tegasnya.

(MB)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *