RS Awal Bros Batam Launching Harga Pemeriksaan PCR Rp888.000

Batam (Metrobatam.com) – Saat ini Rumah Sakit Awal Bros Batam telah mempunyai alat pemeriksaan PCR (Polymerase  Chain Reaction). Tingginya permintaan untuk pemeriksaan PCR test dan terbatasnya alat PCR di kota Batam merupakan alasan Rumah sakit Awal Bros Batam menyediakan alat ini.

Tes PCR (Polymerase Chain Reaction) adalah pemeriksaan molekular yang dilakukan dengan metode amplifikasi atau memperbanyak materi genetik virus atau bakteri. Tes PCR sering dilakukan untuk mendeteksi keberadaan virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit tertentu. Salah satu metode pengambilan sampel untuk tes PCR adalah dengan tes usap atau swab test. Contoh penyakit yang bisa didiagnosis melalui tes PCR dengan metode pengambilan sampel dari swab test adalah COVID-19.

Dengan adanya alat ini, maka pemeriksaan tes PCR tidak perlu dikirim ke luar kota, dan harga pemeriksaan pun dapat menyesuaikan dengan anjuran Pemerintah, dengan beberapa penyesuaian kebutuhan masyarakat untuk kecepatan hasil pemeriksaan.

Direktur Rumah Sakit Awal Bros Batam, dr. Widya Putri, MARS mengungkapkan, Alat PCR ini sudah mendapatkan izin dari LITBANGKES, Adapun biaya pemeriksaan PCR ini mulai dari Rp. 888.000, dengan hasil didapatkan dalam 3-4 hari.

Bacaan Lainnya

“Alat ini memiliki keterbatasan dalam kapasitas pemeriksaan sampel, ini berpengaruh terhadap lamanya waktu pemeriksaan, sehingga kami memberlakukan adanya beberapa kriteria biaya sesuai kecepatan pengeluaran hasil, dan hal ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Widya.

“Saat ini, Rumah Sakit Awal Bros Batam telah bekerjasama dalam program TCA (Travel Corridor Agreement) antara Indonesia dan Singapura, yang mulai diberlakukan hari ini, 26 Oktober 2020. Hal ini menjadikan Rumah Sakit Awal Bros Batam sebagai Rumah Sakit yang telah dipercaya dan yang terpenting adalah merupakan Rumah Sakit yang telah mendapatkan sertifikat Ijin Penyelenggaraan Pemeriksaan PCR tes untuk COVID-19,” jelasnya.

“Kami berharap dengan tersedianya alat PCR ini di Rumah Sakit Awal Bros Batam dapat memudahkan masyarakat atau perusahaan yang ingin melakukan pemeriksaan PCR test  untuk hasil yang lebih akurat dan cepat, dan dapat memberikan sumbangan daya bagi Pemerintah khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam menghadapi masa Pandemi COVID-19 saat ini,” pungkas  dr. Widya Putri, MARS. (Toni)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *