Bawaslu Kepri Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan Ormas, LSM, dan Organisasi Pemuda

BATAM (Metrobatam.com) – Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan ormas, LSM, dan organisasi pemuda yang dilaksanakan di Batam pada Jumat, (06/11/2020).

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Nahdlatul Ulama Provinsi Kepri, Muhammadiyah Provinsi Kepri, Kwarda Pramuka Provinsi Kepri, Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah Provinsi Kepri, Organisasi Kepemudaan Mahasiswa di Universitas Riau Kepulauan, Organisasi Kepemudaan Mahasiswa di Universitas Internasional Batam, Organisasi Kepemudaan Mahasiswa di Universitas Batam, dan Organisasi Kepemudaan Mahasiswa di Universitas Ibnu Sina Batam.

Bacaan Lainnya

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Idris, S.Th.I selaku Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Provinsi Kepri dan Rosnawati, MA selaku Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Kepri. Turut hadir juga 2 (dua) narasumber dalam kegiatan ini yaitu Dr. Sumardin, SE., M.Si dari PWNU Kepri dan Kurniadi dari Kwarda Pramuka Kepri.

Idris, S.Th.I dalam pembukaannya menyampaikan bahwa, “Kegiatan sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman politik dan mengajak masyarakat berkontribusi dalam melakukan pengawasan dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 di Provinsi Kepulauan Riau”, ucap Idris.

Rosnawati, MA dalam arahannya menyampaikan bahwa, “Bahwa kegiatan ini adalah upaya Bawaslu Provinsi Kepri untuk memberikan pemahaman partisipatif yang melibatkan pihak eksternal yaitu ormas, LSM, dan organisasi pemuda karena Bawaslu menyadari tugas-tugas pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 ini tidak dapat berjalan secara maksimal tanpa peran serta aktif dan kepedulian dari masyarakat dalam pengawasan partisipatif”, ujarnya.

Dr. Sumardin, SE., M.Si dari PWNU Kepri dalam paparan materinya mengatakan, “Pengawasan partisipatif adalah upaya meningkatkan angka partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan dalam mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik. Nahdatul Ulama (NU) dan semua badan otonomnya yang merupakan mitra strategis Bawaslu ikut berpartisipasi dalam melakukan pengawasan dan siap untuk menyukseskan pergelaran pemilihan serentak tahun 2020”, ujar Sumardin.

Dalam paparan materinya, Kurniadi dari Andalan Daerah Kwarda Pramuka Kepri menyampaikan bahwa, “Kwarda Pramuka Kepri dan Bawaslu Provinsi Kepri telah melaksanakan penandatanganan MoU dan PKS dalam pengawasan partisipatif pelaksanaan Pilkada 2020 dan kami berpartisipasi dalam melakukan pengawasan partisipatif”, ucapnya (**)

Pos terkait