Bawaslu Kepri Laksanakan Rakerda Penyelesaian Sengketa

BATAM (Metrobatam.com) – Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Penyelesaian Sengketa Pemilihan di Aston Batam Hotel & Residences, pada Senin-Rabu (09 s/d 11 November 2020).

Meningkatkan kapasitas Jajaran Pengawas Pemilu hingga ke tingkat Kecamatan serta menyamakan persepsi terkait Penyelesaian Sengketa Pemilihan, Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Penyelesaian Sengketa Pemilihan pada Senin-Rabu tanggal 09 s/d 11 November 2020. Pada kegiatan ini dihadiri oleh Rosnawati, MA selaku Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa, Idris, S.Th.I selaku Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Said Abdullah Dahlawi, ST selaku Koordinator Divisi SDM dan Organisasi, Indrawan Susilo Prabowoadi, SH., MH selaku Koordinator Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Data Informasi, dan Yessi Yunius, SE, M.Si selaku Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau.

Bacaan Lainnya

Peserta kegiatan terdiri dari Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota, staf divisi HPP/PS Bawaslu Kabupaten/Kota serta Panwaslu Kecamatan divisi HPP se-Provinsi Kepulauan Riau.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari ini dibuka langsung oleh Bapak Rahmat Bagja, SH., LL.M selaku Anggota Bawaslu Republik Indonesia, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa.

Dalam arahannya beliau mengatakan bahwa, “Panwaslu Kecamatan merupakan salah satu ujung tombak pengawal Pilkada Tahun 2020”, ucap Bagja.

Pemaparan materi disampaikan oleh para pimpinan Bawaslu Provinsi Kepri dan Tim Asistensi Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI, Bapak Ali Umar Harahap, SH.,MH.

“Para peserta tidak hanya mendapatkan materi secara teori namun dalam kegiatan ini juga dilaksanakan simulasi Penyelesaian Sengketa Antar Peserta (PSAP). Para peserta sangat antusias mengikuti diskusi pada setiap sesi pemaparan materi, terlebih lagi pada saat simulasi sengketa acara cepat yang dipandu langsung oleh Tim Asistensi Bawaslu RI,” ungkap Ali Umar Harahap, SH.,MH.

Harapannya, melalui simulasi yang dilaksanakan ini dapat menjadi gambaran bagi Panwaslu kecamatan dalam menangani penyelesaian sengketa  Acara cepat dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020. (**)

Pos terkait