Kapolres Bukittinggi Pimpin Sertijab Kasat Binmas dan Kapolsek Tilatang Kamang

Bukittinggi (Metrobatam.com) – Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara, SH, SIK, MH, memimpin serah terima jabatan Kasat Binmas Polres Bukittinggi dan jabatan Kapolsek Tilatang Kamang di halaman Polres Bukittinggi. Kamis, 12 November 2020.

Adapun pejabat yang melakukan Sertijab tersebut adalah Kasat Binmas AKP Reddy Triananto, SH,MH (Jabatan baru Kabag Ops Polres Kepulauan Mentawai) kepada AKP Purwito (Jabatan sebelumnya Kasubbag Dalgar Bag Ren Polres Padang Panjang), dan jabatan Kapolsek Tilatang Kamang dari AKP Lirman (Jabatan baru Kasubbag Pers Bag Sumda Polres Bukittinggi) kepada Iptu Rommy Hendra Korniawan, SH,MM (Jabatan lama KBO Sat Lantas Polres Bukittinggi).

Dalam amanatnya AKBP Dody menyampaikan, bahwa proses mutasi di lingkungan Polri merupakan hal yang biasa untuk kepentingan regenerasi serta penyegaran organisasi Polri, dan merupakan suatu proses manajemen yang mengandung arti strategis. Ditinjau dari dinamika organisasi di dalam mengantisipasi perkembangan tantangan tugas Polri yang semakin berat dan kompleks, dan memastikan berlakunya Sistem pembinaan manejemen personil Polri guna mendapatkan figur yang memiliki kompetensi sebagaimana yang diharapkan. Jabatan merupakan amanah yang dititipkan oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, dan harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab sekaligus sebagai bentuk pengabdian serta ibadah.

Dalam amanatnya, Kapolres menyampaikan bahwa Sat Binmas bertugas melaksanakan :

Bacaan Lainnya

a. pembinaan dan pengembangan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa dalam rangka peningkatan kesadaran dan ketaatan masyarakat terhadap hukum dan ketentuan perundang-undangan;
b. pengembangan peran serta masyarakat dalam pembinaan keamanan, ketertiban, dan perwujudan kerja sama Polres dengan masyarakat,
c. pembinaan di bidang ketertiban masyarakat terhadap komponen masyarakat antara lain remaja, pemuda, wanita dan anak;
d. pembinaan teknis, pengkoordinasian, dan pengawasan Polsus serta Satuan Pengamanan (Satpam); dan
e. pemberdayaan kegiatan Polmas yang meliputi pengembangan kemitraan dan kerja sama antara Polres dengan masyarakat, organisasi, lembaga, instansi, dan/atau tokoh masyarakat.

Kemudian, Kapolsek bertugas memimpin, membina, mengawasi, mengatur dan mengendalikan satuan organisasi di lingkungan Polsek dan unsur pelaksana kewilayahan dalam jajarannya termasuk kegiatan markas, dan memberikan saran pertimbangan kepada Kapolres yang terkait dengan pelaksanaan tugas.

Kapolres AKBP Dody, kepada pejabat yang lama, AKP Reddy Triananto, SH, dan AKP Lirman, atas nama pimpinan dan keluarga besar Polres Bukittinggi mengucapkan terimakasih atas kerjasama, dedikasi dan pengabdian saudara selama menjabat Kasat Binmas, dan Kapolsek Tilatang Kamang, serta selamat bertugas atas jabatannya di tempat yang baru. Kepada pejabat baru AKP Dwi Purwito, dan Iptu Rommy Hendra Korniawan, SH, MM, diucapkan selamat atas amanah jabatan yang dipercayakan kepada saudara dan segera melaksanakan apa yang menjadi tupoksinya.

Akhirnya marilah kita sampaikan doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga dalam melaksanakan Tugas pengabdian kita senantiasa mendapat bimbingan, petunjuk serta perlindunganNya, dan kita dilindung dan terhindar dari Covid-19 ini, demikian AKBP Dody mengahirinya.

(hms/basa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *