oleh

LSM Wahanaliar Dampingi Petani di Padang Pariaman, Sulap Sampah Menjadi Pupuk Berkualitas

-Sumbar-508 views

Metrobatam.com, Padang Pariaman – LSM Wahanaliar adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat di tingkat Provinsi Sumatera Barat yang bergerak di bidang Pertanian.

Saat ini Wilayah kerja Program LSM Wahanaliar berada di Nagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar.

LSM Wahanaliar mendampingi 9 Kelompok tani dan 2 Kelompok Wanita Tani dalam upaya peningkatan Kualitas Petani dan Peningkatan Ekonomi Petani.

Program-program pendampingan petani ini disingkronkan dengan Program Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman dan juga bekerja sama dengan Balai Penyuluh Pertanian ( BPP ) Kecamatan Batang Anai.

Saat bertemu awak media, Sabtu (26/12/2020) Fadli Rahmadi, S.Hut selaku Staff Penyuluh dan Pengembangan Program LSM Wahanaliar menyampaikan, alhamdulillah saat ini Petani di Nagari Ketaping Sudah banyak yang menggunakan Pupuk Organik Cair yang kami sosialisasikan.

“Bahkan saat ini petani yang kami dampingi sudah mampu membuat Pupuk Organik Cair (POC) secara mandiri,” kata Fadli.

“Pupuk Organik Cair ini kita buat dari sisa limbah rumah tangga dan juga limbah pasar di sekitar Nagari Ketaping, Sehingga kedepan petani Nagari Ketaping bisa menjadi percontohan untuk petani lainnya di Kabupaten Padang Pariaman untuk mengurangi jumlah sampah sambil memanfaatkannya untuk pendapatan ekonomi baru.” tambahnya.

Buk Sur selaku Ketua Kelompok Tani Fajar Menyinsing, mengatakan, kami sangat senang dengan adanya program pendampingan dari LSM Wanahaliar.

“Pendampingan masyarakat yang dilakukan memiliki inovasi-inovasi yang selama ini tidak terfikirkan oleh kami para petani namun mampu mereka terapkan dan sosialisasikan kepada kami dengan baik,” tegasnya.

“Saat ini kami telah membuat POC mandiri di rumah maupun di kelompok dan bahkan saat ini sudah banyak tetangga yang membeli pupuk ini untuk bunga dan sayuran. Meski masih menggunakan botol minuman dengan harga 10.000 untuk 1 liter Pupuk Cair,” ungkapnya.

Program inovasi pembuatan Pupuk Organik Cair ini sudah dimulai sejak bulan AgustusĀ  2020 kemaren dan kedepannya di tahun 2021 LSM Wanahaliar menargetkan untuk pemasaran POC dengan standar Lembaga Sertifikasi Organik di Kabupaten Padang Pariaman,” pungkasnya. (basa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed