oleh

Babak Baru Penyelesaian Piutang di Tengah Pandemi, Bea Cukai Batam: Pengguna Jasa Masih Patuh

-BATAM-781 views

Metrobatam.com, Batam – Di tengah pandemi Covid-19, Bea Cukai Batam terus aktif dalam menerbitkan piutang pada Tahun 2020. Total dari seluruh piutang yang diterbitkan sampai dengan bulan Desember 2020 yaitu sebesar 256.07 miliar rupiah dan telah diselesaikan sebesar 255.88 miliar rupiah atau sekitar 99.93% penyelesaian Piutang.

“Ini adalah babak baru untuk kita (Bea Cukai Batam), meskipun di tengah pandemi, saya sangat mengapresiasi kinerja teman-teman dan pengguna jasa yang masih patuh dan sadar akan kewajibannya,” pungkas Kepala Bidang Perbendaharaan dan Keberatan, Akbar Harfianto.

Akbar juga menjelaskan terkait jumlah penerbitan piutang atas dokumen kegiatan sampai dengan Desember 2020:

– SPP (Surat Penetapan Pabean): 1.7 miliar rupiah

– SPPBP (Surat Pemberitahuan dan Penagihan Biaya Pengganti): 173 juta rupiah

– SPSA (Surat Penetapan Sanksi Administrasi): 1.7 miliar rupiah

– SPTNP (Surat Penetapan Tarif dan Nilai Pabean): 15 miliar rupiah

– STCK-1 (Surat Tagihan di Bidang Cukai): 40 juta rupiah

– SPKTNP (Surat Penetapan Kembali Tarif dan Nilai Pabean): 1.2 juta rupiah

– SPPBMCP (Surat Penetapan Pembayaran Bea Masuk, Cukai dan Pajak): 236 miliar rupiah

Angka tersebut berhasil diraih karena adanya kerja sama yang baik antara Bea Cukai Batam dan pengguna jasa. Bea Cukai Batam terus aktif dalam melakukan monitoring atas terbitnya tagihan kepada pengguna jasa. Selain itu, penagihan tersebut dipermudah dengan adanya kesadaran dari pengguna jasa untuk membayar sebelum jatuh tempo.

“Saya rasa tingkat kepatuhan pengguna jasa sudah sangat tinggi dan mereka cukup kooperatif dalam melakukan pembayaran,” ujar Akbar.

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat ini, tidak menghalangi Bea Cukai Batam untuk terus aktif dalam memonitor penerimaan maupun piutang yang diterbitkan. Ini akan menjadi tantangan bagi Bea Cukai Batam untuk mencapai target yang telah ditetapkan setiap tahunnya.

(bcbatam/toni)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed