oleh

Densus 88 Tangkap 20 Terduga Teroris di Makassar

-Nasional, News-1.500 views

Metrobatam.com, Makassar – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri dan Brimob Polda Sulsel menangkap 20 terduga teroris kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di sebuah rumah di Perumahan Villa Mutiara, Cluster Biru, Kelurahan Bulurokeng Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (6/1/2021).

“Dari penindakan tersebut, Densus 88 menangkap 20 orang teroris. 17 orang diamankan. Satu orang mengalami luka tembak atas nama inisial I (34) saat ini dirawat di RS Bhayangkara, dan dua orang meninggal dunia,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (6/1/2021).

Kedua tersangka yang tewas ditembak yakni RS (46) dan SA (23). Saat ditangkap keduanya melakukan perlawanan dengan menggunakan senjata tajam dan senapan angin jenis PCP.

Ia menyatakan, kedua tersangka bersama jaringanya yang berpusat di Villa Mutiara menamakan dirinya sebagai Kelompok Ansharut Daulah. Bersama ratusan jemaah lainnya menyatakan baiat kepada khilafah ISIS pada tahun 2015 di Pondok Pesantren Aridho pimpinan Ustad Basri yang juga terlibat kasus teror dan meninggal dunia di LP Nusa Kambangan.

Kedua terduga teroris itu juga diduga mengadakan kajian khusus pendukung daulah di Villa Mutiara dan Yayasan Aridho. “Pada tahun 2016 bersama keluarga hijrah dan bermaksud bergabung dengan ISIS di Suriah, namun ketika sampai di Bandara Soekarno-Hatta dibatalkan,” ujar Ramadhan.

Selain itu, keduanya pun pernah terlibat dalam pengiriman dana kepada pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral Zolo Filipina.

Sejak bulan Oktober 2020, kedua tersangka bersama kelompok Villa Mutiara rutin juga mengikuti latihan menembak dan naik gunung.

Keduanya pun menjadi fasilitator pelarian Andi Baso yang merupakan pelakuĀ teror bom Gereja Oukumene Samarinda pada tahun 2017.

(Antara/Ip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed