oleh

Menhub Benarkan Pesawat SJ-182 Jatuh, Total Manifest 62 Orang

-Nasional, News-451 views

Metrobatam.com, Jakarta – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membenarkan adanya informasi bahwa Pesawat Sriwijaya Air SJY-182 jenis Boeing 737-500 dengan nomor registrasi PK-CLC rute Jakarta-Pontianak yang sebelumnya dikabarkan hilang kontak sesaat setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng menuju Bandara Supadio di Pontianak jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Lebih lanjut Menhub Budi menjabarkan, pesawat Sriwijaya Air hilang kontak sekitar 4 menit usai lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Sedianya pesawat tersebut akan tiba di Bandara Supadio Pontianak Kalimantan Barat pada pukul 15.15 WIB.

Menhub menjabarkan kronologisnya:
– Pukul 14.36 WIB pesawat SJY-182 lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta;
– Pukul 14.37 WIB pesawat masih melakukan kontak dengan pihak ATC dengan meminta naik ke ketinggian 29 ribu kaki dan diizinkan;
– Pukul 14.40 WIB pihak ATC melihat pesawat SJY-182 tidak menuju ke arah seharusnya (seharusnya ke arah 075 derajat, tetapi malah ke arah barat laut) oleh karenanya pihak ATC mencoba menghubungi untuk menanyakan arah pesawat namun hanya dalam hitungan detik, pesawat sudah tidak dapat dihubungi.

“Pukul 17.30 Bapak Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada kami untuk memaksimalkan upaya pencarian. Untuk itu sudah dikerahkan kapal dari Basarnas, dan TNI Angkatan Laut. Adapun kondisi cuaca pada saat kejadian sedang dikoordinasikan dengan pihak BMKG,” jelas Menhub Budi dalam konferensi pers yang disiarkan secara Virtual pada Sabtu (9/1/2021).

Lebih lanjut terkait jumlah manifest, Menhub Budi mengemukakan, terdapat 50 penumpang dan 12 kru di dalam pesawat Sriwijaya Air SJY-182. Adapun ke-50 penumpang ini diantaranya terdiri atas 40 penumpang dewasa, 7 penumpang anak-anak, dan 3 penumpang adalah bayi.

Menhub meminta dukungan dan doa dari masyarakat agar upaya pencarian korban dan pesawat dapat berjalan dengan lancar.

Hingga berita ini diturunkan pencarian masih terus dilakukan. Adapun pencarian para korban jatuhnya SJ-182 diantaranya melibatkan KNKT, Basarnas, TNI/Polri, Angkasa Pura II, dan Airnav Indonesia.

Bagi keluarga korban yang hendak menghimpun informasi terkait perkembangan pencarian korban, Angkasa Pura II telah mendirikan posko di Terminal B kedatangan Bandara Soekarno-Hatta dengan nomor kontak Hotline di 021-80637817. 

(Ip)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed