Wali Kota Batam Pastikan Masalah Banjir Segera Terselesaikan

Wali Kota Batam rapat bersama BP Batam dan Kementerian PUPR di Kantor Wali Kota Batam

Metrobatam.com, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi memastikan permasalahan banjir akan segera diselesaikan. Penanganan masalah banjir dan bencana alam lainnya saat ini menjadi prioritas utama Pemko Batam.

“Hari ini kita rapat untuk mencari solusi terbaik, supaya masalah banjir ini bisa terselesaikan,” kata Rudi usai rapat bersama BP Batam dan Kementerian PUPR di Kantor Wali Kota Batam, Senin (4/1/2021).

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tidak resah, Pemko Batam bersama BP Batam dan juga Kementerian PUPR yang menangani persoalan jalan dan sungai komitmen untuk segera menyelesaikan permasalahan banjir tersebut.

Ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab utama banjir di Batam, hasil pantauanya di lapangan dijelaskannya bahwa beberapa diantarnya karena drainase yang tidak bisa menampung debit air hujan yang turun dua hari berturut-turut.

Bacaan Lainnya

Faktor lainnya juga dikarenakan banyaknya sampah yang menyumbat drainase, sehingga membuat air tidak bisa mengalir dengan lancar. Karena itu pihaknya juga mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan, agar ke depan banjir tidak terjadi lagi.

“Titik banjir yang kita temui banyak sekali, selain masalah drainase juga karena curah hujan kemarin memang tinggi. Bisa dilihat waduk-waduk kita yang penuh,” katanya.

Kemudian terkait anggaran penanggulangan banjir, Rudi mengaku saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan BPKP untuk menggunakan dana darurat dari APBD Kota Batam 2021. Nilainya saat ini diperkirakan Rp23 miliar.

“Saya tidak tahu cukup atau tidak, tapi kita upayakan untuk yang prioritas terlebih dahulu. Untuk yang kecil-kecil nanti kita ajak masyarakat untuk sama-sama membersihkan drainase yang tersumbat,” kata Rudi.

(mcb/mb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *