oleh

Begini Cara Mengembalikan Akun Facebook yang Diretas atau Dihack

Metrobatam.com, (Mb) – Risiko kehilangan akun karena peretasan tentunya selalu menjadi hal yang perlu diwaspadai setiap pengguna media sosial. Tak terkecuali bagi pengguna Facebook.

Ada banyak faktor yang memengaruhi sebuah akun Facebook diretas. Maka langkah yang paling mudah adalah mengamankan sandi dari akun facebook dan email.

Jika terlanjur didapati akun kamu telah diretas atau dihack, sebaiknya kamu perlu melakukan langkah ini.

Pertama, yang harus dilakukan adalah mengamankan atau mengubah sandi email kamu. Pasalnya, email adalah jalan satu-satunya yang digunakan hacker.

Di samping itu, email menjadi penting untuk mengembalikan akun Facebook kamu.

Masuk ke Laman facebook.com/hacked

Kemudian, masuk pada laman facebook.com/hacked, lalu tekan tombol ‘Akun Saya Dibobol’.

Selanjutnya, masukkan alamat email dan nomor telepon yang kamu gunakan untuk mendaftar Facebook. Ini langkah penting, jadi pastikan kamu mengingat keduanya.

Jika akun kamu ditemukan, berarti peretasnya belum sempat mengganti email dan nomor telepon yang digunakan. Dengan begitu, akun kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk dipulihkan.

Kemudian coba masukkan sandi yang biasa kamu gunakan. Jika gagal, berarti peretas telah mengganti kata sandinya.

Tiga Opsi

Jika langkah di atas gagal, kamu akan melihat tiga pilihan untuk mengembalikan akun Facebook yang di-hack.

Opsi pertama bisa masuk langsung menggunakan email yang terhubung. Opsi kedua, mengirimkan link ganti password melalui email.

Kamu perlu memastikan email yang digunakan sudah benar. Jika yakin benar, gunakan opsi ini saja. Jika ragu, gunakan opsi terakhir dengan nomor ponsel.

Ketiga, klik Lanjutkan, nantinya Facebook akan mengirimkan link ke email atau kode jika kamu menggunakan nomor ponsel. Gunakan kode itu untuk mengganti sandi dengan yang baru.

Pilihan Terakhir

Ada kemungkinan ketiga opsi tersebut masih belum dapat memulihkan akun kamu. Namun ada pilihan terakhir, yakni klik pada tulisan ‘Tidak Punya Akses ke sini lagi?’ pada sisi kiri bawah.

Isikan data-data yang diminta, yaitu nomor ponsel atau email yang baru dan klik lanjutkan.

Setelah mengisi, Facebook akan menggunakan data tersebut untuk proses verifikasi. Biasanya kamu diminta untuk foto identitas seperti KTP atau SIM. Pihak Facebook juga akan menghubungi kamu untuk proses selanjutnya.

Perlu diingat, setelah semua dilakukan dengan lancar, langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah mengamankan kata sandi dan nomor telepon yang digunakan. Usahakan untuk menggunakan kata sandi unik atau gunakan aplikasi manajer kata sandi.

(liputan6)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed