Serahkan Bantuan Bencana, Wabup Richi Aprian juga Silaturahmi dengan Perantau Kalsel

  • Whatsapp
banner 468x60

Metrobatam.com, Banjarbaru – Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian menyerahkan langsung bantuan untuk warga Tanah Datar yang terdampak musibah banjir di Kalimantan Selatan.

Wabup Richi Aprian dan rombongan diterima Wali kota Banjarbaru Aditya Mufti Arifin dan Wakil Walikota Wartono beserta forkompinda di aula kantor setempat, Senin (15/03/21).

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, atas izin Allah SWT kita bisa bertemu dalam rangka bersilaturahmi dengan Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan dan warga Tanah Datar yang ada di sini. Tujuan utama kami ingin berbagi duka atas musibah banjir yang menimpa masyarakat Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu,” sampai Wabup Richi Aprian.

Lebih lanjut Richi Aprian katakan sebagai bentuk kepedulian diserahkan bantuan untuk warga Tanah Datar yang terdampak banjir sebesar Rp. 129 juta untuk 60 KK di Kalimantan Selatan yang tersebar di Banjarbaru, Banjarmasin, Martapura, Marabahan dan Palaihari.

Bantuan ini juga nantinya akan diserahkan untuk warga Tanah Datar di Mamuju Sulawesi Barat.

“Sumbangan ini berasal donasi ASN, perantau, masyarakat, Baznas dan donator lainnya. Nilainya tidak besar, tetapi ini menunjukkan rasa peduli kita, di mana pun bapak dan ibu berada, Insya Allah Pemerintah Kabupaten Tanah Datar selalu hadir melayani,” sambung Richi.

Di kesempatan yang juga dihadir Kadis Sosial Yuhardi, Kabid RPJS Dinas Sosial Mashur Maiza dan Kabag Kesra Afrizon ini.

Wabup Richi juga berpesan agar perantau terus menjalin komunikasi dengan kampung halaman.

Seperti daerah lainnya, ujar Wabup Richi,

Tanah Datar saat ini punya kepemimpinan baru hasil pemilihan 9 Desember 2020 yang lalu.

“Jalinan komunikasi ranah dan rantau perlu tetap dijaga,” ucapnya.

“Telepon-telepon juo rang kampuang, baa kondisi surau awak ini, baa kondisi musajik awak, lai ado penghuni rumah gadang yang wak tinggakan, lah bara juz anak kamanakan lah hafal Alquran. Alhamdulillah Tanah Datar punya program waqaf 1.000 hafiz yang sudah berjalan 6 tahun, program melahirkan 1.000 hafiz anak Tanah Datar setiap tahun dari berbagai tingkatan,” tutur Wabup Richi yang berusia 37 tahun ini.

Wabup Richi berpesan kepada warga Tanah Datar agar menjadi warga yang baik.

“Kami ingatkan, bapak dan ibu saat ini sudah menjadi warga Banjarbaru yang berasal dari Tanah Datar, pesan saya tetap dijaga nama baik kampung halaman, jaga jati diri sebagai orang Minangkabau dan kalau bisa berperan dengan hebat dan luar biasa untuk pemerintah daerah dan lingkungan setempat, ambil peran itu. Salam hangat dari Pak bupati serta masyarakat di kampung halaman” sampainya.

Salah seorang perantau yang terdampak bencana Ny. Aizar Soedarto menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati, khususnya warga Tanah Datar di kampung halaman atas perhatian dan bantuan kepada kami perantau Kalsel. Semoga doa dan bantuan yang diberikan menjadi amal ibadah dan mendapat balasan yang berlipat ganda,” sampainya.

Kadis Sosial Yuhardri mengatakan, donasi yang berhasil dikumpulkan dari berbagai elemen masyarakat ini sebesar Rp. 183.983.000,-.

Bantuan disalurkan, jelas Yuhardi untuk perantau Tanah Datar yang terdampak banjir di Kalimantan Selatan dan gempa bumi di Mamuju Sulawesi Barat.

Dirincikan, perantau Tanah Datar yang terdampak bencana 60 KK di Kalimantan Selatan dan 19 KK di Mamuju Sulawesi Barat.

“Dari total yang terkumpul, masing-masing KK akan mendapatkan bantuan sebesar Rp.2.150.000,-, walau tidak besar namun keberkahan dari Allah SWT yang diharapkan,” harapnya. (Khatib/Hms)

  • Whatsapp

Pos terkait