Setelah Tertunda Beberapa Waktu, Bandara JBS Resmi Beroperasi

METROBATAM.COM. Purbalingga – Penerbangan komersial perdana dengan maskapai Citilink dari bandara Juanda Surabaya (Sub) menuju Purbalingga (PWL) dengan membawa penumpang dari AP II, Selasa (1/6/2021), menandai beroperasinya Bandar Udara Jendral Besar Soedirman (JBS) di Purbalingga, Jawa Tengah.

Dikutip dari purbalinggakab.go.id, Selasa (1/6/2021), beroperasinya Bandara JBS tersebut, mendapatkan sambutan yang antusias dari warga Purbalingga dan sekitarnya, seperti dari Banjarnegara dan Banyumas, dimana sejak pukul 09.00 WIB tampak sekali banyak warga yang berdatangan ke lokasi bandara.

Bacaan Lainnya

Sebelum secara resmi beroperasi, Enclave Civil Lanud JBS, PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Purbalingga, Jum’at (28/5/2021) sore, telah dilakukan simulasi pelayanan penumpang di terminal sementara bandara JBS. Simulasi tersebut melibatkan 20 orang anggota TNI AU Lanud JB Soedirman yang diperlakukan seolah sebagai penumpang pesawat.

Simulasi pelayanan dimulai ketika calon pengguna jasa bandara masuk ke terminal hingga naik ke pesawat.
“Kami bekerja sama dengan anggota TNI AU pangkalan Udara (Lanud) JB Soedirman. Mereka seolah sebagai calon penumpang pesawat. Simulasi juga tetap memperhatikan protokol kesehatan karena saat ini masih pandemi”, kata Catur Sudarmono, Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Purbalingga.

PT Angkasa Pura II telah mendapatkan sertifikat Bandar Udara dan penetapan Badan Usaha Bandar Udara dari Kementerian Perhubungan. Dokumen yang telah dikantongi PT Angkasa Pura II yakni sertifikat Bandar Udara nomor 0163/SBU-DBU/IV/2021 tanggal 16 April 2021. Kemudian Keputusan Menteri Perhubungan RI nomor KM 107 Tahun 2021 tanggal 22 April 2021 tentang PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai Badan Usaha Bandar Udara, dan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara nomor KP 98 Tahun 2021 tanggal 22 April 2021 tentang penetapan Bandar Udara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero). ( Pur).

Pos terkait