Berkat Cen Sui Lan, 2023 Empat Bandara di Kepri Direvitalisasi

Cen Sui Lan saat rapat bersama Kemenhub

Metrobatam.con|Jakarta, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Komisi V, Dapil Provinsi Kepulauan Riau, Cen Sui Lan (CSL) tanpa hentinya berjuang untuk menuntaskan konektivitas dan disparitas di Kepri. Satu diantaranya, Tahun anggaran 2023 mendatang adalah, merevitalisasi empat bandar udara (bandara) di Kepri dan akan menjadi prioritas oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Kegiatan revitalisasi empat bandara di Kepri itu ditujukan untuk Bandara Letung (Anambas), Bandara Raja Haji Abdulah (RHA) Karimun, Bandara Ranai (Natuna) dan Bandara Dabo, Singkep (Lingga). Empat bandara tersebut mendapat anggaran yang cukup besar, pada RAPBN tahun anggaran 2023.

Hal itu disampaikan Nur Isnin Istiartono Plt Dirjen Perhubungan Udara (Hubud) Kemenhub RI pada saat RDP dengan Komisi V DPR RI, Kamis (1/9/2022) pekan kemari. Menurutnya, pemerintah sudah mengajukan dana revitalisasi empat bandara di Kepri, dalam RAPBN tahun anggaran 2023.

Selain pembahasan alokasi anggaran untuk RAPBN tahun 2023, Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi V DPR RI dan Dirjen Hubud Kemenhub ini membahas evaluasi program kegiatan tahun anggaran 2022 hingga Agustus 2022.

Bacaan Lainnya

“Usulan revitalisasi keempat bandara di Kepri itu, hasil dari reses Bu Cen Sui Lan,” ujar Plt Dirjen Hubud Kemenhub seraya menjelaskan tabel tentang setiap program dari Direktif Presiden, serta Kunker Komisi atau Hasil Reses Anggota DPR RI.

Cen Sui Lan Anggota Komisi V DPR RI Dapil Kepulauan Riau (Kepri) membenarkan hal itu. Menurutnya, tahun anggaran 2023 nanti, revitalisasi empat bandar udara (bandara) di Kepri akan menjadi prioritas oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

“Revitalisasi empat bandara di Kepri itu menjadi prioritas Kementerian Perhubungan RI,” tegas Cen Sui Lan saat memberikan keterangan persnya, Senin (5/9/2022).

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, selain runway diperpanjang dan terminal diperbesar, empat bandara di Kepri ini juga mendapatkan program subsidi penerbangan perintis yang cukup besar. Seperti Bandara Dabo dan Bandara Letung itu porsinya diperbesar untuk mengantisipasi trafik penumpang dari masyarakat Kepulauan Riau yang semakin meningkat, sejalan meningkatnya perekonomian daerah.

Revitalisasi empat bandara dan program penerbangan perintis itu dianggarkan pada tahun anggaran 2023 itu, karena usulan Cen Sui Lan berdasarkan hasil kunker reses. Saat kunker reses itu, Cen Sui Lan menerima aspirasi dari stakeholder Otoritas Bandara. Baik di Bandara Dabo, Bandara Karimun, Bandara Ranai. Dan terakhir, pada awal Agustus 2022 lalu. Ketika pada masa reses itu, Cen Sui Lan beraudislensi dengan Otoritas Bandara (Otban) Sumatera 2 dan Kepala Bandara Letung, Andhi.

“Selain revitalisasi bandara, saya juga meminta agar Kemenhub RI melalui Pak Dirjen, agar melakukan revitalisasi dermaga di Tarempa, Kepulauan Anambas. Karena, dermaga yang dibangun pada masa penjajahan Belanda ini, belum pernah direvitalisasi,” jelas Cen Sui Lan.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *