Bupati Abdul Haris, SH Akan Buka MTQ IV Kabupaten Anambas di Nyamuk

Metrobatam.com, Anambas – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA),  Abdul Haris,SH  akan  membuka Musabaqa Tilawatil Quran (MTQ) IV Kabupaten di Kecamatan Siantan Timur, Selasa (19/4) sekitar pukul 19.30 WIB. Kegiatan  akan dipusatkan di lapangan Binaraga Nyamuk Kecamatan Siantan Timur.

Asisten II Pemkab Anambas,  Andi Agrial mengatakan,  untuk rentetan pelaksanaan MTQ  dimulai pada, Senin (18/4) sekitar pukul 19.30WIB yakni malam Ta’ruf dan pelantikan Dewan Hakim dab  Selasa (19/4) pukul 07.30WIB dilaksanakan Pawai Ta’ruf.

Read More

“Dihari yang sama, sekitar pukul 15.30 WIB dilaksanakan pembukaan stan  bazar. Dan pada malam harinya sekitar pukul 19.30 WIB, dan rencananya  dibuka oleh Bupati Anambas, Abdul Haris. Pada  Jumat (22/4) sekitar pukul 19.30 WIB, Penutupan MTQ ke IV sekaligus pengumuman pemenang,” kata Andi, Kamis (14/4).

Dari hasil tinjauan  di lapangan Senut Andi seluruh persiapan sudah mencapai 90 persen. Mulai dari pembangunan astaka, stan pameran, dan sebagainya. Dan dari hasil rapat pemantapan persiapan terakhir yang dilaksanakan  kemarin, setiap bidang pada dasarnya hampir selesai semua.

“Target kita, Minggu (17/4) persiapan rampung semua, dan tinggal melaksanakan kegiatannya saja,” paparnya.

Andi mengungkapkan,  pelaksanaan MTQ berlangsung selama 6 hari dari 18-23 April 2016. Sementara untuk tuan rumah MTQ tahun ini,   Desa Nyamuk, Kecamatan Siantan Timur, yang mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakannya.

“Sedangkan untuk cabang yang diperlombakan, sebanyak 8 cabang,” jelasnya.

Cabang-cabang yang diperlombakan tersebut tambah Andi,  masing-masing, tilawah anak-anak, remaja dan dewasa (putra-putri). Tafsir Bahasa Inggris dan Indonesia, Tafiz 1 dan 5 Juz, Tartil (putra-putri, Fahmil Al Quran (putra-putri), Syarhil Al Quran (putra-putri), Khotil Al Quran, dan Mushab (putra-putri).

“Yang tidak diperlombakan, Tafiz 10, 20 dan 30 Juz serta Tabsir Bahasa Arab,” bebernya.

Untuk Dewan Hakim MTQ sendiri sambung pria berkacamata itu,  sedikitnya  sebanyak 40 orang, yang diambil mulai dari tingkat provinsi, kabupaten serta kecamatan.

“Kafilah diperkirakan Senin (18/4) sore baru tiba di lokasi dan langsung melakukan pendaftaran. Dan pada MTQ kali ini, Qasidah Rebbana dan Pawai Takruf juga diperlombakan namun tidak dinilai untuk penentuan juara Umum MTQ,” pungkasnya,

Sumber: haluankepri.com

Related posts