oleh

Di Negara ini Pengemis Bisa Dapat Rp1 Miliar Sebulan

Metrobatam.com, Dubai – Menjadi seorang pengemis tampaknya tidak selalu diidentikkan dengan kemiskinan. Hal itu terbukti setelah seorang pengemis di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) yang memperoleh uang sebesar Dh270 ribu atau hampir Rp1 miliar hanya dalam satu bulan.

Pengemis “profesional” itu ditangkap polisi Dubai sebagai bagian dari kampanye yang baru-baru ini dilakukan oleh pemerintah Kota Dubai untuk memberantas para peminta-minta. Menurut Kepala Bagian Pemasaran pemerintah kota Faisal Al Badiawi, dalam tiga bulan pertama 2016, sebanyak 59 orang pengemis berhasil ditangkap.

“Beberapa dari pengemis itu membawa paspor yang dikeluarkan dengan visa bisnis dan turis. Dalam kampanye, kami menemukan bahwa sebagian besar pengemis telah memasuki negara ini sevara ilegal, dengan visa tiga bulan untuk mengumpulkan uang sebanyak mungkin selama mereka berada di sini,” ujar Faisal sebagaimana dilansir Gulf News, Jumat (15/4/2016).

“Dari hasil sitaan, kami menemukan salah satu pengemis mengumpulkan lebih dari Dh270 ribu dalams sebulan,” ujarnya.

“Menurut perhitungan kami, para pengemis mengumpulkan sekira Dh9.000 (Rp32 juta), yang setara dengan Dh1.500 per satu setengah jam. Tapi kami yakin uang itu lebih banyak dikumpulkan pada Jumat, terutama jika mereka berdiri di depan masjid.”

Otoritas setempat telah melakukan kampanye sepanjang tahun untuk memberantas pengemis dari jalanan Dubai, yang jumlahnya semakin meningkat terutama menjelang Ramadan. Tahun lalu, polisi Dubai menangkap 197 pengemis, sedangkan polisi Sharjah menahan 33 orang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed