oleh

Jika Anak Tantrum di Depan Umum, Orangtua Segera Lakukan Ini

Metrobatam.com – Mungkin beberapa dari Anda pernah melihat anak balita yang meledak-ledak emosinya, menangis dan sukar untuk dikendalikan kepada ibunya di tempat umum.

Ini biasanya disebabkan oleh keinginannya yang tak terpenuni. Perilaku seperti ini biasa disebut dengan tantrum.

Lantas, bagaimana tips menangani anak yang sedang tantrum? Berikut penjelasan dari psikolog anak Vera Itabliana  belum lama ini di Jakarta.

Jangan memanjakan

Jangan pernah memanjakan anak ketika sedang tantrum. Hanya karena tak tahan dengan perilakunya, lantas Anda memenuhi kebutuhannya. Bila sering seperti itu yang ada anak akan menganggap tantrum cara yang ampuh untuk meminta pada orangtua.

Melipir ke tempat yang lebih tenang

Jika ketika anak tantrum Anda sedang di tempat umum, segera bawa ke tempat yang lebih tenang. Agar orang lain tak merasa terganggu dan Anda lebih mudah menanganinya.

Peluk yang erat

Jangan lantas karena tak tahan lalu Anda emosi menggunakan kekerasan. Ketika anak tantrum, peluk dengan erat dan tenangkan perlahan sambil mengusap kepalanya sampai anak lebih tenang.

Alihkan emosi ke verbal

Jika anak Anda sudah bisa diajak bicara, katakan padanya melampiaskan kemarahannya dengan mengatakan “mama aku marah”. Biarkan anak untuk lantang mengatakan ini agar dia tak menggunakan tangisan atau emosi ketika meminta. Juga, Anda bisa lebih mengerti keinginannya.(Mb/okezone)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed