oleh

Kemarin Walikota Batam Protes Polisi, Sekarang Malahan Memuji

Metrobatam.com, Batam – Wali Kota Batam, Kepulauan Riau, Muhammad Rudi memuji persiapan Polri menghadapi unjuk rasa dalam simulasi yang digelar di kota itu, Rabu.

“Simulasinya bagus, penanganan tepat sekali. Mudah-mudahan kalau ada demo penanganannya seperti itu, SOP-nya dijalankan,” kata Muhammad Rudi usai menyaksikan simulasi penanganan unjuk rasa.

Ia mengingatkan pengamanan unjuk rasa bukanlah tugas Pemkot Batam sendiri, melainkan tanggung jawab seluruh Muspida, yang terkait keamanan, seperti Danlanal, Dandim, Danyon dan Polri.

Wali Kota berharap unjuk rasa yang pekerja saat peringatan Hari Buruh Internasional, May Day, ataupun demonstrasi lainnya dilaksanakan dengan tertib dan tidak mengganggu kepentingan umum. “Ini pengamanan bukan demo buruh saja, karena mau May Day ini. Semua, kalau memang anarkis ya protapnya seperti tadi itu,” ujar politisi Partai Demokrat itu.

Sementara itu, sehari sebelumnya Walikota Batam yang juga mantan polisi ini mengungkapkan kekecewaannya terhadap kinerja polisi yang tak kunjung menetapkan tersangka terhadap penganiayaan, penyanderaan serta intimidasi terhadap sopir bus Trans Batam oleh oknum-oknum sopir angkutan kota yang tak terima bus beroperasi.

”Saya akan segera bertemu dengan Kapolres. Semua harus dikawal, karena bus Trans Batam itu merupakan amanah dari Presiden Jokowi (Joko Widodo),” ujar Wali Kota Batam, Rudi, Senin (25/4/2016).

Rudi mengatakan, jika langkah pengamanan itu tidak segera ditindaklanjuti oleh polisi setelah pertemuan nanti, maka keberadaan Trans Batam bisa terancam. ”Kami hanya minta dijaga, nanti tak ada yang mau jadi sopir Trans Batam lagi. Masa dua kali anak buah saya digebukin, belum ada tindakan,” katanya.

Ternyata kekecewaan Rudi ini dibantah langsung oleh Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Memo Ardian, Selasa (26/4/2016). Perwira yang baru saja menduduki posisi di Reskrim ini menyatakan bahwa pihaknya telah menangkap dan menetapkan tersangka kekerasan terhadap sopir Trans Batam. (edj/Antara)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed