Ini Lima Lokasi Banjir Paling Parah di Batam

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah Kota Batam menetapkan lima lokasi sebagai daerah rawan banjir yang perlu penanganan secepatnya demi kenyamanan dan keselamatan warga.

Lima lokasi yang paling rawan banjir itu yaitu Sungai Harapan, Marina, Sei Pelengut, Buliang dan Duriangkang Muka Kuning.

“Lokasinya dalam perkiraan kami lebih dari 16, tapi yang paling parah ada lima,” kata kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Senin.

Amsakar mengatakan, ketinggian banjir di lima lokasi itu mencapai sekitar satu meter, sehingga harus segera ditangani.

Bacaan Lainnya

Pemkot sudah meghitung pengerjaan apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi banjir di lima lokasi itu dan berapa biaya yang dibutuhkan. Dan hasilnya, untuk satu lokasi saja dibutuhkan dana Rp20 miliar, sehingga tidak mungkin dilakukan menggunakan APBD tahun ini.

“Lima lokasi ini berskala strategis, dan tidak cukup APBD. Perlu dukungan dan sifatnya segera. Menggunakan APBD tidak seperti membalikkan telapak tangan,” katanya.

Ia mengatakan jika memungkinkan maka Pemkot baru bisa memasukkan anggaran untuk desain penanggulangan banjir yang lebih rinci pada APBD Perubahan 2016, dan menganggarkan pembangunannya pada APBD 2017.

Pemkot juga melakukan pendekatan dengan Pemprov Kepri dan Satuan Kerja Kementerian Pekerjaan Umum yang berada di daerah, untuk mendorong agar perbaikan drainase dimasukan dalam APBD Kepri dan APBN.

Sedangkan untuk langkah awal, Pemkot menggiatkan kembali gotong royong masal di seluruh kecamatan. (mb/Antara)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *