10 Tips Ajarkan Anak Berpuasa

Metrobatam.com (Mb) – Meski berpuasa di bulan Ramadan tidaklah wajib bagi anak-anak, namun mengajarkan si kecil berpuasa adalah hal yang perlu dilakukan sedini mungkin. Dengan begitu, anak-anak akan terbiasa dan mampu memahami nilai-nilai berpuasa.

Namun, tentu saja mengajarkan puasa pada anak kecil tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa hal yang patut diperhatikan untuk membantu proses belajar berpuasa mereka menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Untuk itu, simak sepuluh tipsnya, seperti dilansir dari Khaleej Times adalah.

  1. Pastikan anak Anda tidur lebih awal setiap hari agar mereka dapat bangun sahur tepat waktu. Hal ini juga agar mereka terhindar dari kurang tidur. Waktu tidur yang cukup akan membantu si kecil fokus belajar di sekolah.
  2. Menu sahur harus terdiri dari makanan tinggi energi, selain susu dan telur. Untuk itu, buatlah jus segar dan minuman sehat lainnya agar buah hati Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Jangan lupa menyuruh mereka mengonsumsi buah dan sayur.
  3. Biarkan anak-anak sahur dengan santai dan tidak membuat mereka makan buru-buru. Buatlah aktivitas sahur menyenangkan agar mereka merasa nyaman. Ini dapat dilakukan dengan sahur bersama samnbil berbagi pengalaman Anda berpuasa di masa kecil.
  4. Biarkan anak Anda tidur sedikit lebih lama setelah sahur. Tidur delapan jam baik itu di malam hari maupun siang hari dapat membantu mereka tetap berenergi sepanjang hari.
  5. Pastikan setiap hari di bulan Ramadan menjadi hari yang berarti bagi anak-anak. Anda bisa mengajarkan mereka mengenai agama dan ibadah lebih dalam. Anda juga bisa melibatkan mereka dalam kegiatan sosial seperti bersedekah dan membantu orang-orang yang kurang beruntung di sekitar lingkungan mereka.
  6. Jangan biarkan buah hati melakukan kegiatan fisik seperti olahraga yang berat karena akan membuat mereka lemas dan haus.
  7. Libatkan anak saat Anda menyiapkan hidangan berbuka puasa. Jangan lupa membuat hidangan favorit mereka agar anak kian bersemangat.
  8. Disarankan untuk berbuka puasa dengan kurma dan air. Hindari gorengan dan makanan cepat saji yang mengandung banyak lemak dan kalori. Pastikan pula anak Anda mengindari makanan yang mengandung gula tinggi. Sup buatan rumah menjadi salah satu contoh hidangan berbuka puasa yang sehat.
  9. Jangan biarkan anak Anda berpuasa tanpa makan sahur karena itu akan membuat mereka lemas dan kurang energi. Hal ini juga akan membuat puasa mereka menjadi berat, menjadikan anak kurang bersemangat untuk belajar berpuasa. Tentu saja, makan berlebihan juga harus dihindari.
  10. Beri anak motivasi berpuasa dengan menawarkan hadiah jika mereka berhasil menjalankan puasa.  (Mb)

Bacaan Lainnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *