oleh

Kepala Sekolah akan di Tes Psikologi, Siapa yang Tidak Ikut Dicopot

Metrobatam.com, Batam – Kepala sekolah dan wakil kepala sekolah negeri di Kota Batam akan menjalani tes psikologi pekan depan. Tes rencana dilaksanakan hari Rabu (11/5) untuk tingkat sekolah dasar, Kamis (12/5) untuk sekolah menengah atas sederajat, dan Jumat (13/5) untuk kepala sekolah menengah pertama.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan tes diikuti 230 kepala sekolah SD dan SMP serta 63 kepala dan wakil kepala sekolah SMA/SMK. Tes rencananya dilaksanakan di aula Asrama Haji Batam di Batam Centre.

“Yang dilihat dari psikotes ini adalah tingkat emosional dan kemampuan manajerial kepala sekolahnya,” kata Muslim usai pertemuan Walikota dengan kepala sekolah negeri se-Batam di Hotel Vista.

Tes akan dilakukan langsung oleh tim psikolog independen. Serta psikolog Pemerintah Kota Batam sebagai pendamping.

Menurut Muslim, seluruh kepala sekolah wajib mengikuti tes ini. Bila ada yang tidak hadir tanpa alasan yang jelas maka akan dicopot dari jabatannya sebagai kepala sekolah.

“Yang tidak ikut, diberhentikan. Kecuali halangan tertentu,” kata Muslim.

Walikota Batam, Muhammad Rudi mengatakan tes psikologi ini perlu dilakukan untuk melihat kapasitas kepala sekolah.

“Psikotes ini saya butuh. Untuk mengetahui kecerdasan seorang insan, dan kecerdasan emosionalnya. Misal murid begini, dia harus begini. Semua kita lihat, apakah menenuhi atau tidak,” kata dia. (mb/mcb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed