Tagihan Listrik Anda Hemat 25%, Lakukan Hal Ini

  • Whatsapp
banner 468x60

Metrobatam.com, (Mb) – Banyak perilaku sehari-hari masyarakat yang membuat konsumsi listrik boros, otomatis tagihan listrik pun menjadi mahal, seperti membiarkan peralatan elektronik seperti televisi (TV), radio, AC, microwave, atau kipas angin dalam keadaan stand by ketika tidak digunakan.

Menurut Direktur Utama PT Energy Management Indonesia (EMI), Aris Yunanto, apabila masyarakat mengubah perilaku boros tersebut, tagihan listrik bisa dihemat sampai 20-25%.

Bacaan Lainnya

“Kalau di rumah tangga (apabila melakukan penghematan) tagihan listrik bisa hemat sampai 20-25%,” kata Aris, saat dihubungi wartawan , Sabtu (21/5/2016).

Penghematan-penghematan ini dapat dilakukan dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan boros energi itu. Kementerian ESDM juga memiliki program penghematan listrik yaitu program ‘3 M’ yang caranya sederhana saja, seperti mematikan lampu yang sudah tidak dipakai, menaikkan suhu AC, dan juga mencabut kabel yang sudah tidak terpakai.

“Caranya itu 3 M seperti yang Pak Menteri (ESDM) bilang, mematikan lampu yang sudah tidak terpakai, menaikkan suhu AC jadi 25 derajat celcius memang tidak nyaman, dan juga mencabut kabel yang sudah tidak terpakai,” lanjut Aris.

Sebelumnya, Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM, Farida Zed, mengatakan hanya dengan melakukan perubahan sederhana tersebut apabila dilakukan secara masif oleh seluruh masyarakat, penghematan energi yang diperoleh bisa mencapai 3.500 MW. “Dengan kapasitas yang ada, kalau kita bisa menurunkan konsumsi listrik, target penghematan kita 10% atau 3.500 MW,” kata Farida.

Penghematan energi itu tentu membuat subsidi listrik menurun, cadangan listrik PLN juga menjadi lebih kuat, bisa digunakan oleh negara untuk melistriki wilayah-wilayah yang selama ini masih gelap gulita.

“Itu bisa kita gunakan untuk menambah konsumen baru yang belum mendapatkan listrik, kita bisa melistriki wilayah-wilayah yang belum terlistriki,” ucap Farida.(Mb)

(detik)

  • Whatsapp

Pos terkait