Tim WFQR Lantamal IV Kembali Tangkap Kapal Bawa Barang Ilegal

  • Whatsapp
banner 468x60

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) IV/Tanjungpinang Lanal Dabo Singkep berhasil menangkap kapal KM Bintang Terang-8 yang membawa barang-barang ilegal dari Negara tetangga tidak sesuai dengan manifest.

Tim WFQR menggunakan Kapal Patkamla Kuala Cenaku menangkapkan kapal itu di perairan Dabo, Minggu.

Bacaan Lainnya

Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI S Irawan mengatakan Kapal KM Bintang Terang-8 berbendera Indonesia berangkat dari Batupahat Malaysia dengan tujuan Tembilahan.

“Kapal jenis kapal kargo kayu, dengan muatan tilam atau kasur baru dan bekas, sepeda bekas, barang klontong lainnya, tidak dilengkapi izin,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan sementara, Kapal Motor Bintang Terang-8 dengan tanda selar GT 91.No 246/GGB dinakhodai Muhamad Yunus Caniago dengan enam orang anak buah kapal.

Kapal itu membawa barang-barang muatan tidak sesuai dengan manifest yang ada dan rencananya akan diseludupkan ke Tembilahan.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut kapal tersebut dikawal ke Pangkalan Angkatan Laut Dabo Singkep.

“Saya apresiasi kepada seluruh jajaran Lanal dibawah Lantamal IV yang tidak henti-hentinya terus mengawasi perairan yang ada di Kepri terhadap segala bentuk kegiatan pelanggaran,” ujarnya.

Irawan menginstruksikan kepada semua jajarannya agar jelang bulan Ramadan untuk terus meningkatkan patroli laut dan pengawasan terhadap pelabuhan-pelabuhan tikus yang ada di seluruh wilayah Kepri karena sering dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk memasukkan barang-barang ilegal dari luar negeri.(Mb/Antara)

  • Whatsapp

Pos terkait