Batam Dinobatkan Sebagai Kota dengan Pertumbuhan Populasi Tertinggi di Dunia

Nagoya, Kota Batam

Metrobatam.com, Batam – Kota Batam, di Provinsi Kepulauan Riau, dinobatkan sebagai kota dengan pertumbuhan populasi tertingi di dunia oleh Demographia, sebuah perusahaan konsultasi di Amerika Serikat. Dalam laporan tahunan Demographia World Urban Areas, Batam ditempatkan pada urutan pertama dengan tingkat pertumbuhan penduduk 7,4 persen per tahun.

Laporan itu dibuat berdasarkan data ramalan populasi penduduk dunia dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan hanya memasukkan kota dengan penduduk di atas sejuta orang.

Bacaan Lainnya

Menurut Demographia, Batam kini memiliki penduduk sekitar 1,1 juta jiwa. Adapun menurut Badan Pusat Statistik Kota Batam, pada 2014 penduduk di kota itu berjumlah 1,03 juta jiwa.

Di urutan kedua ada Mogadishu, ibu kota Somalia dengan jumlah populasi 2,1 juta jiwa. Setiap tahun pertumbuhan penduduk kota itu bertambah 6,9 persen. Di urutan ketiga Ouagadougou di Burkina Faso berada di urutan ketiga dengan populasi 2,7 juta jiwa dan tingkat pertumbuhan 6,8 persen.

Di urutan keempat dan kelima ada Xiamen dengan 6,7 persen dan Yinchuan dengan 6,1 persen.

Sementara itu untuk kota dengan kawasan urban terbesar di dunia, Tokyo menempat urutan pertama dengan luas wilayah 8.547 kilometer persegi dan didiami oleh 37.843.000 penduduk. Jakarta berada di peringkat kedua dengan luas 3.224 km persegi, tetapi didiami oleh 30.539.000 penduduk.

Berada di urutan tiga, ibu kota India, Delhi, dengan luas wilayah perkotaan 2.072 km persegi dan didiami oleh 24.998.000 juta penduduk.

 

Mb/Suara/The Guardian

Pos terkait