Ini Perbedaan Mencolok Toyota Sienta Buatan Karawang dengan Jepang

Toyota Sienta Indonesia

Metrobatam.com, Bandung – Tak semua produk otomotif global yang dijual di Indonesia memiliki desain yang sama dengan yang beredar di luar negeri. Hal ini juga terjadi pada mobil Toyota terbaru All New Sienta, yang belum lama ini meluncur di Indonesia.

Salah satu perbedaan mencolok yang terjadi pada mobil seharga Rp230-295 juta ini terletak pada posisi tuas transmisi. Ya, Sienta buatan Karawang, Jawa Barat, memiliki tuas transmisi yang ditanam di konsul tengah, sedangkan Sienta buatan Jepang menempel pada dashboard.

Bacaan Lainnya

Menanggapi hal tersebut, Project Manager Toyota Motor Corp untuk  Sienta, Hiroki Sunouchi, menyatakan, keputusan menentukan posisi ini bukan tanpa sebab, tetapi telah melakukan berbagai pertimbangan.

“Konsep seperti itu (tuas transmisi menempel di dashboard) tidak cocok diaplikasikan untuk pasar Indonesia,” kata Hiroki saat ditemui wartawan di acara media test drive di kawasan Bandung, Jawa Barat, Kamis malam, 21 Juli 2016.

Lebih lanjut, Hiroki menuturkan, jika tuas transmisi menempel di dashboard, hal itu justru tidak disukai konsumen di Indonesia. Sebaliknya, orang Indonesia lebih mengetahui cara mengoperasikan perpindahan gigi dengan posisi tuas transmisi di konsul tengah.

“Dan hal itu dianggap sangat normal di Indonesia. Mereka lebih terbiasa dan menganggapnya lebih nyaman jika dioperasikan,” ucapnya.

Seperti dibandingkan dengan mobil sekelasnya yakni Honda Freed. Posisi transmisi Freed memang sengaja dibuat menyatu dengan dashboard untuk memberikan kesan lebih lega khususnya di baris kedua. Selain itu, posisi kaki juga lebih leluasa memberi ruang gerak.

(ms/vivanews)

Pos terkait