Jerman Kalah, Prancis Lawan Portugal di Final

Metrobatam.com, Prancis – Prancis akan melawan Portugal pada final Piala Eropa di Stade de France, Minggu (10/7/2016).

Ini dipastikan setelah pasukan Didier Deschamps menang 2-0 atas Jerman pada laga semifinal di Stade Velodrome, Kamis (7/7/2016). Dua gol tim berjulukan Les Bleus diborong oleh Antoine Griezmann.

Bacaan Lainnya

Meski memenangi pertandingan, tuan rumah sebenarnya terlihat inferior menilik statistik penguasaan bola dan tembakan.

UEFA mencatat, mereka cuma menguasai 34 persen permainan dan melepaskan 6 tembakan tepat sasaran. Adapun Jerman lebih mengancam berbekal 7 tendangan ke arah gawang.

Rentetan peluang tim asuhan Joachim Loew sudah terlihat sejak awal laga. Dalam 15 menit pertama, Thomas Mueller sempat melepaskan tembakan melebar dan usaha Emre Can dimentahkan oleh Hugo Lloris.

Sebaliknya, Perancis lebih banyak memeragakan serangan balik cepat yang dimotori Paul Pogba dan Antoine Griezmann.

Nama terakhir turut menjadi protagonis dengan mencetak gol penalti pada menit ke-45+1. Bola tembakan dia mengarah ke area kanan gawang, sedangkan Manuel Neuer bergerak ke sisi berlawanan.

Penalti ini dipicu oleh kesalahan Bastian Schweinsteiger yang menyentuh bola dengan tangan. Dalam situasi ini, dia mencoba untuk menghalau tandukan Patrice Evra.

Akibat kesalahan pertahanan Jerman pula, Perancis menggandakan keunggulan pada menit ke-72. Neuer mengantisipasi umpan silang dengan tidak sempurna sehingga bola liar disontek Griezmann ke gawang.

Gol ini menjadi kali keenam untuk Griezmann di Piala Eropa. Pemain Atletico Madrid ini sekaligus memimpin tabel pencetak gol terbanyak.

Lesakan Griezmann sekaligus menutup pertandingan ini. Prancis menang 2-0 dan menembus final seperti edisi 2000.

(Mb/Kompas)

Pos terkait