Mulai Hari Ini Kapal Ferry akan Berlayar Setiap Hari Hingga H-2 Lebaran

Foto: BatamTribun

Metrobatam.com, Anambas – Mulai Jumat (1/7) kapal feri akan berlayar setiap hari hingga H-2 lebaran. Langkah tersebut dilaksanakan untuk mengantisipasi membludaknya jumlah penumpang yang akan masuk dan keluar Anambas.

Seperti diketahui sejumlah penumpang yang ingin mudik resah, akibat jadwal feri yang berubah diakibatkan kerusakan mesin.

Bacaan Lainnya

Bahkan sempat terjadi Insiden di depan loket tiket feri di Anambas akibat sejumlah masyarakat yang mengantri mendapat perlakuan yang kurang menyenangkan oleh agen. Padahal tak dapat dipungkiri sejumlah pemudik tersebut sudah mengantri sejak pukul 03.00 WIB pagi.

“Pihak pengelola menyanggupi untu melayani rute Anambas setiap hari. Mulai  besok rencananya kapal akan berlayar setiap harinya sampai H-2, hal ini  sesuai dengan  hasil rapat yang kami gelar tadi,” kata Wan Zuhendra,  Wakil Bupati KKA,  Kamis (30/6).

Mantan Wakil Ketua I DPRD KKA itu juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin mudik dan berangkat untuk lebih bersabar. Hal ini  karena pemerintah telah berkomunikasi dengan pihak pengelola kapal feri dan permintaan pemerintah direspon dengan baik.

“Alhamdulillah permintaah kita direspon dengan baik dan hasilnya cukup memuaskan,” jelasnya.

Terpisah  perwakilan agen kapal feri di Tarempa Acai mengatakan hasil rapat yang digelar memutuskan agar kapal tersebut dapat melayani pelayaran jelang lebaran ini setiap hari. Namun ia juga tidak dapat memastikan, sebab semua itu tergantung dari keadaan cuaca atau kondisi kapal.

“Sejauh ini informasi yang saya dapat dari agen Kota Tanjungpinang menyanggupi kapal itu berlayar setiap hari, namun tergantung keadaan cuaca dan kondisi kapal,” ungkapnya.

Diketahui, jumlah seat untuk kapal feri VOC Batavia sebanyak 125 seat, sedangkan untuk kapal feri Transnusa jumlah seat ada 198 kursi. Sedangkan calon penumpang yang akan diangkut terlihat dari antri untuk mendapatkan tiket beberapa hari sebelumnya masih ramai bahkan jumlahnya bertambah banyak.

Hal ini yang harus diantisipasi nantinya, agen  akan memprioritaskan bagi pemudik yang memiliki tiket. Kalau tidak ada tiket kami tidak bisa memberangkatkannya.

Sebelumnya Sejumlah penumpang mengeluhkan untuk mendapatkan tiket Fery harus antri sejak pukul  03.00 WIB subuh, untuk mendapatkan tiket keberangkatan hari sabtu mendatang. Pasalnya, agen tiket tersebut membuat selebaran kertas yang bertuliskan,dua hari sebelum keberangkatan sudah bisa beli tiket.

“Kami mau berangkat hari Sabtu(2/7) mendatang,dan kami sudah antri di pelabuhan mulai pukul 3 subuh tadi. Tetapi agen itu malah menyuruh bubar,karena tiket sudah habis,sementara kami lebih awal disini. Berkisar 47 calon penumpang disuruh bubar semua,dan disuruh antri besok pagi,” tutupnya.

 

(Mb/Haluankepri)

Pos terkait