Pergantian Pejabat Lahan BP Batam, Ini Komentar Pemko Batam

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menyambut baik pergantian seluruh pejabat di Kantor Pengelolaan Lahan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam.

“Selama ini saya memang koordinasi dengan Bachroni (Kepala Kantor Pengelolaan Kawasan yang baru). Koordinasi kami selama ini baik. Ke depan harus lebih baik,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Batam, Wan Darussalam di Batam, Rabu.

Bacaan Lainnya

Imam Bachroni yang sebelumnya menjabat Direktur Perencanaan dan Tehnik BP Batam kini menjadi Kepala Kantor Pengelolaan Batam menggantikan Nanang Hadiwibowo.

Wan Darussalam mengakui, selama ini Pemkot kesulitan dalam melaksanakan pembangunan akibat keterbatasan lahan yang dialokasikan BP Kawasan Batam, sebagai pemegang hak pengelolaan lahan di pulau utama.

Pemkot tidak pernah mendapatkan kepastian dari BP Kawasan terkait lahan yang akan diberikan untuk pembangunan sarana pemerintahan, kantor lurah, kantor camat, polsek, dan sebagainya.

“Tidak pernah ‘matching’ soal lahan, soal kepastian lahannya. Tiap mau bangun, orang sibuk-sibuk di sana,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi III Bidang Pengelolaan Sarana Usaha BP Batam, Eko Santoso menyatakan seluruh pejabat diganti, hingga jabatan kepala seksi.

“Semua pejabat diganti. Yang tetap hanya setingkat clerk atau petugas administrasi,” kata dia.

Eko menyatakan pemilihan pejabat baru di lingkungan Kantor Pengelolaan Lahan dirancang dengan hati-hati dengan mengevaluasi kinerja seluruh pejabat selama sebulan.

Pejabat baru yang terpilih juga dinilai dari sikap keterbukaan dalam melaksanakan pengelolaan lahan.

Menurut dia, perombakan total d Kantor Pengelolaan Lahan BP Kawasan Batam diperlukan untuk pembaruan dan penyegaran.

“BP Batam akan lakukan pembaruan dalam proses permohonan lahan, melalui sistem online yang terintegrasi. Butuh SDM yang terbuka dengan konsep tersebut. Sehingga semua proses akan berjalan tertib dan terbuka,” ujarnya.

Mb/Antara

Pos terkait