oleh

Gol Tunggal Rakitic Menangkan Barca di Kandang Bilbao

Metrobatam, Bilbao – Barcelona meraih kemenangan tipis 1-0 di kandang Athletic Bilbao. Los Cules patut berterima kasih kepada Ivan Rakitic yang mencetak gol tunggal kemenangan.

Pada laga pekan kedua La Liga yang dihelat di San Mames, Senin (29/8/2016) dinihari WIB, Barca memang menguasai jalannya pertandingan dengan 60 persen ball possesion.

Tapi Sportradar mencatat Bilbao juga mampu memberi perlawanan dengan total 8 attempts, empat di antaranya mengarah ke sasaran. Sementara itu Barca malah hanya tiga yang tepat sasaran dari total 10 attempts.

Satu dari tiga attempts on target itu berbuah gol kemenangan yang dibuat Rakitic di menit ke-21. Tambahan tiga poin ini membuat Barca kokoh di posisi kedua klasemen dengan enam poin, sama dengan Las Palmas di puncak dan Real Madrid di posisi ketiga.Sementara Bilbao ada di urutan ke-18 dengan dua kekalahan beruntunnya.

Jalannya Pertandingan
Barca langsung tancap gas sejak menit awal dengan menekan pertahanan Bilbao. Tapi ketatnya barisan belakang tuan rumah membuat Barca sulit menciptakan peluang.

Pada menit ke-12 Bilbao jusru mampu bikin peluang pertama di laga ini ketika Marc-Andre Ter Stegen membuat kesalahan saat mengoper bola tanggung yang dipotong oleh Benat Extebarria. Untungnya Ter Stegen mampu menghentikan bola sepakan Benat.

Di menit ke-20 Barca nyaris bikin gol juga ketika Lionel Messi mendapat bola terobosan di kotak penalti Bilbao. Tapi Gorka Iraizoz dengan cepat keluar dari sarang dan memotong laju bola.

Tapi, semenit kemudian Iraizoz harus melihat gawangnya kebobolan oleh gol Rakitic. Diawali serangan balik cepat Barca dari lini tengah, Denis Suarez yang merebut bola mengoper kepada Luis Suarez dan diteruskannya ke sisi kiri.

Di sana ada Arda Turan yang sejenak menahan bola dan begitu melihat Rakitic datang dari belakang, bola diangkat ke tengah kotak penalti dan disundul sempurna oleh Rakitic.

Bilbao lantas coba menekan Barca meski beberapa kali harus kandas di kaki Samuel Umtiti atau Gerard Pique yang cakap mengawal lini pertahanan timnya.

Barca bikin peluang di menit ke-37 lewat tandukan Messi meneruskan umpan Suarez. Tapi Iraizoz mampu menepisnya dengan sigap.

Tiga menit setelahnya giliran Ter Stegen yang diuji oleh Aritz Aduriz tapi sepakannya bisa dihadang.

Di menit akhir babak ini, umpan terobosan Messi kepada Turan yang tinggal berhadapan dengan Iraizoz. Tapi tendangannya masih menyamping tipis di sisi gawang.

Masuk di babak kedua, Bilbao coba mencari gol penyama kedudukan. Di menit ke-48 Americ Laporte meneruskan bola sepak pojok Bernat lewat kepalanya. Sayang bola masih melayang di atas mistar.

Messi melakukan aksi individu di menit ke-54 melewati 2-3 pemain tapi sepakan akhirnya menyamping sedikit di sisi kanan.

Di menit ke-58 Barca melakukan proses serangan yang apik dari sisi kanan. Sergi Roberto melakukan akselerasi yang diakhiri crossing ke kotak penalti dan sepakan voli Suarez menunggu si kulit bundar tapi arahnya masih melenceng.

Raul Garcia yang masuk sebagai pemain pengganti mengalahkan Jordi Alba dalam duel satu lawan satu di menit ke-68. Namun, bola hasil tendangan Garcia masih bisa ditepis Ter Stegen.

Tiga menit kemudian kerjasama Turan, Suarez, dan Messi membongkar pertahanan Bilbao. Sayangnya, Messi yang jadi penyelesai gagal menjaga akurasi tembakan.

Usaha Bilbao hingga akhir pertandingan untuk menciptakan gol tidak tercapai. Malah mereka nyaris kebobolan ketika Suarez dalam posisi bebas bikin gol di masa injury time, tapi sepakannya bisa dihalau pemain Bilbao.

Susunan Pemain
Athletic Bilbao: Iraizoz; De Marcos, Boveda, Laporte, Balenziaga; Iturraspe (Arruti 62′), Benat; Williams, Eraso (Escudero 62′), Susaeta (75′); Aduriz.

Barcelona: Ter Stegen; Roberto, Pique, Umtiti (Mascherano 72′), Alba; Rakitic, Busquets, D.Suarez (Andre Gomes 72′); Messi, L.Suarez, Turan (Rafinha 84′).(mb/detik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed