oleh

Pemko Batam Bagikan Insentif 3.987 Ketua RT/RW

-BATAM, KEPRI-79 views

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, membagikan insentif kepada 3.987 Ketua RT dan RW se-Kota Batam sebagai apresiasi kepada mereka karena turut menjaga keamanan dan menyukseskan rencana pembangunan pemerintah.

Insentif itu dibagikan dalam Silaturahmi Wali Kota, Wakil Wali Kota, beserta Forum Komunikasi Perangkat Daerah bersama RT/RW se-Kota Batam di Batam, Selasa.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyatakan insentif itu sebesar Rp400 per bulan.

Menurut Wali Kota, peran Ketua RT/RW amat besar, bekerja selama 24 jam penuh melayani masyarakat.

Ia berjanji menaikkan nilai insentif Ketua RT/RW, asalkan membantu pemerintah dalam menaikkan Pendapatan Asli Daerah dari retribusi sampah.

Pemerintah berharap Ketua RT/RW membantu mengumpulkan retribusi sampah, yang kini masih ditangani pihak ketiga.

“Kalau PAD naik, uangnya disetor ke kas daerah, kami kembalikan lagi dalam bentuk insentif,” kata Rudi.

Di tempat yang sama Ketua DPRD Batam Nuryanto juga mendorong Pemkot menaikkan insentif Ketua RT/RW hingga mencapai Rp1 juta per bulan.

“Bisa saja, asalkan APBD Batam mencapai Rp4 triliun. Saat ini APBD Batam baru Rp2,5 triliun, itu juga dipotong Rp200 miliar menjadi Rp2,3 triliun,” kata dia.

Bila nilai APBD Batam tinggi, maka DPRD tidak akan ragu untuk menaikkan anggaran insentif Ketua RT/RW.

Masih dalam acara silaturahmi FKPD, Kapolres Barelang Kombes Pol Helmy Santika menyatakan RT/RW memiliki peran yang besar dalam membantu aparat kepolisian mengamankan daerah.

Karena peran itu, ia berencana menjadikan Ketua RT/RW sebagai warga kehormatan kepolisian, karena sudah melaksanakan sebagian kecil dari tugas polisi dalam menjaga keamanan.

“Akan saya ajukan ke Kapolda,” ujarnya.

Mb/Antara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed