Warga Tering Raya Tuntut Developer Hibahkan Lahan Masjid

Metrobatam.com, Batam – Warga Perumahan Tering Raya, Melcem Batu Ampar meminta PT Cipta Kasih Mulia (CKM) untuk segera menyerahkan fasilitas umum (Fasum) kepada warga dengan mengeluarkan surat hibah.

“Kami sudah tinggal di perumahan ini selama 13 tahun, namun pihak developer tidak ada itikad baik untuk mengeluarkan surat hibah lahan yang telah kami gunakan untuk masjid dan fasilitas umum bermain warga. Sehingga kami tidak bisa mengurus legalitas masjid kami,” ujar Suryadi, Ketua RW 18 Perumahan Tering Raya, dalam hearing di Komisi I DPRD Kota Batam, Senin (1/8).

Bacaan Lainnya

Dijelasknya, perangkat RT/RW dan pengurus masjid telah berulang kali mempertanyakan hal tersebut kepada pihak develover CKM, namun tidak ada tanggapan yang serius. Bahkan terkesan menghindar. Untuk itu, jalan selanjutnya warga minta bantuan dari DPRD Batam untuk memfalisitasi masalah ini dengan developer. “Udah capek kami minta surat hibah untuk masjid dan fasum itu, malahan pintunya kantor ditutup kalau kami datang,”ujarnya kesal.

Ditambahkan oleh Mukri, Tokoh Masyarakat Tering Raya bahwa pihak developer, yang notabene adalah mantan anggota DPRD Kota Batam periode 2009-2014 memang tidak kooperatif sejak dari awal. Selalu banyak janji dan alasan ketika warga meminta surat hibah fasum tersebut.

Mendengar keluhan dari warga tersebut, Komisi I melalui ketuanya Nyanyang Harris Pratamura memberi rekomendasi kepada Pemerintah Kota Batam, melalui Dinas Tata Kota untuk diberikan kemudahan dalam pengurusan penyerahan prasarana, sarana dan utilitas berdasarkan Peraturan Dalam Negeri No 9 tahun 2009 dan Perda No 2 tahun 2011 Tentang Bangunan Gedung.

“Kita minta kepada Pemko Batam, dalah hal ini Dinas Tata Kota untuk memberi kemudahan kepada warga Tering Raya dalam hal pengurusan penyerahan fasul tersebut biar warga bisa mengurus legalitas masjid dan fasiliat lainnya yang ada diatas lahan tersebut,”ujar Haris. (edj)

Pos terkait