oleh

81 Warga Tanjungpinang Terjangkit HIV

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau mencatat sebanyak 81 warga terjangkit HIV dalam semester pertama 2016.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam, di Tanjungpinang, mengatakan warga yang positif mengidap HIV itu terdiri dari 42 pelanggan di lokalisasi, 24 ibu rumah tangga, 8 wanita pekerja seks, 4 gay dan 2 waria.

“Paling banyak pria yang suka ke lokalisasi yang terinfeksi HIV, disusul ibu rumah tangga,” ujarnya.

Menurut dia, temuan kasus per periode di Tanjungpinang tersebut terungkap dalam pertemuan lintas sektor antara Komisi Penganggulangan Aids Kota Tanjungpinang, Yayasan Kompak, PKBI, pelaksana layanan infeksi menular seksual dan HIV puskesmas, klinik VCT (tempat pelayanan HIV Aids Kemuning, dan kelompok kerja yang berlangsung di ruang rapat Dinkes Tanjungpinang baru-baru ini.

Sementara pada 2009-2015 Dinkes Tanjungpinang mencatat HIV positif telah terjadi sebanyak 663 kasus. Kasus HIV Aids itu terdiri dari 347 pelanggan seks, 174 ibu rumah tangga pasangan pelanggan, 91 wanita pekerja seksual, 16 waria, dan 10 gay.

“Oleh sebab itu kami memperkuat upaya pencegahan HIV Aids melalui transmisi seksual,” ucapnya.

Rustam mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit berbahaya ini. Dari peta situasi dan kondisi HIV Aids, serta faktor penularan HIV yang dominan melalui hubungan seksual, penularan virus mematikan di Tanjungpinang tergolong tinggi.

Dia juga mengimbau kelompok risiko tinggi yang positif HIV tersebut dapat mengikuti program terapi dini Strategic Use of ARV (SUFA) secara berkelanjutan. Karena, selain dapat mempertahankan kondisi kesehatan, juga dapat menurunkan jumlah virus dalam tubuh yang dapat menurunkan potensi penularannya.

“Jangan melakukan hubungan seks yang berisiko, tetap setia hanya dengan pasangan yang sah, dan segera melakukan pemeriksaan rutin bersama pasangan,” ujarnya.

Mb/Antara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed