oleh

Di Forum Internasional, Susi Bicara Bekingan Politik Pelaku Illegal Fishing

Washington DC – Memerangi illegal fishing bukan perkara mudah. Ada bekingan politik dan duit besar pada jaringan sindikat pencurian ikan di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti dalam forum panelis Our Ocean Conference 2016 yang digelar di kantor Department of State AS, Washington DC, Kamis (15/9).

“Melawan pencurian ikan ini bukan hal yang mudah. Kebanyakan pidana-pidana ini melibatkan pemain bisnis kelas kakap, bekingan politik dan uang yang sangat besar,” ujar Susi.

Susi yang selama dua tahun terkahir konsisten menindak tegas pelaku pencurian ikan ini mengingatkan, pelaku tidak hanya beroperasi di satu negara saja. Mereka bekerja lintas batas yuridiksi.

“Mereka melakukan kejahatan transnasional. Mereka beroperasi hanya dengan satu motif: mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan cara apapun,” kata Susi.

Konferensi ini dihadiri oleh lebih dari 30 menteri luar negeri dan menteri kelautan berbagai negara maritim, serta 350 pakar dan praktisi bidang kemaritiman. Menlu AS John Kerry membuka langsung konferensi ini.

Kepada para menteri dan tokoh yang hadir, Susi mengatakan Indonesia akan menggelar Fish Crime Forum kedua yang akan digelar pada 10-11 Oktober 2016. Susi mengundang forum untuk hadir guna membahas lebih lanjut mengenai kerja sama transnasional gua memerangi kejahatan illegal fishing secara bersama-sama.

“Terakhir, saya mengingatkan bahwa illegall fishing tidak hanya melulu berurusan dengan ‘ikan’. Terdapat kejahatan-kejahatan lain yang berkaitan dengan aksi pencurian ikan itu seperti perdagangan manusia dan perbudakan,” tutur Susi.(mb/detik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed