Kemlu: 1 Warga Indonesia di Singapura Terjangkit Virus Zika

Metrobatam, Jakarta – Dari sejumlah warga di Singapura yang terjangkit virus Zika, salah satunya adalah WNI. Hal tersebut sudah dikonfirmasikan oleh Kemenlu.

“Iya info dari kedutaan di Singapura. Menurut Kemenkes Singapura ada satu WNI yang terkena Zika,” ujar Jubir Kemenlu Armanatha Nasir ketika dikonfirmasi, Kamis (1/9).

Bacaan Lainnya

Pria yang akrap disapa Tata ini belum bisa memberikan detail lebih lanjut. WNI tersebut diketahui berjenis kelamin perempuan.

“Namun Kemenkes sana hanya sampaikan dia Indonesia dan perempuan. Info lebih lanjut akan disampaikan Kemenkes Singapura ke KBRI,” ujar Tata.

Sebelumnya, Kementerian kesehatan sudah menerbitkan travel advisory atau imbauan untuk tidak dulu berpergian ke Singapura.

“Kita keluarkan travel advisory. Tadi pagi kita komunikasi dengan Kemlu karena harus ada advise dari Kemlu, sudah koordinasi sebenarnya. Tapi tadi pagi karena ada penambahan (kasus) di Singapura, kita koordinasi lagi,” ucap Menkes Nila Moeloek di sela rapat di komisi IX Gedung DPR, Jakarta, Rabu (31/8).

Menkes mengatakan dengan adanya travel advisory maka warga Indonesia sebaiknya tidak mengunjungi Singapura kecuali mendesak, terutama bagi ibu hamil. Karena virus zika yang disebarkan lewat nyamuk itu bisa membuat anak yang lahir mengalami microcephaly (ukuran kepala bayi lebih kecil).

“Saya imbau memang karena ada travel advisory, yang mau bepergian memikirkan (lebih dulu). Kalau kepentingannya sangat penting apa boleh buat, tapi kalau hanya sekedar bisa ditunda, kenapa nggak tunda,” saran Nila.(m/detik)

Pos terkait