Liga Champions, Bayern Pesta Gol 5-0 atas Rostov

Metrobatam, Munich – Bayern Munich mengawali kiprahnya di Liga Champions musim ini dengan pesta gol. Bayern menang telak 5-0 saat menjamu tim debutan Rostov.

Di Allianz Arena, Rabu (14/9/2016) dinihari WIB, Robert Lewandowski membuka kemenangan Bayern lewat eksekusi penalti di menit ke-28. Thomas Mueller kemudian menggandakan keunggulan tuan rumah sebelum turun minum.

Bacaan Lainnya

Dalam rentang waktu singkat, Joshua Kimmich mencetak dua gol di menit ke-53 dan ke-60 untuk membuat Bayern memimpin empat gol tanpa balas. Juan Bernat lalu menutup pesta gol Bayern di partai Grup D tersebut.

Hasil tersebut membuat Bayern, juara lima kali Piala/Liga Champions, kini mengoleksi tiga poin berkat kemenangan di matchday 1. Sedangkan Rostov yang baru kali ini main di fase grup ajang tersebut harus puas menerima kekalahan pada laga debutnya.

Jalannya Pertandingan
Bayern praktis langsung mengendalikan permainan dan mengambil inisiatif serangan sedari menit awal walaupun Rostov masih mampu mengimbangi dengan rapatnya pertahanan.

Salah satu peluang yang didapat Bayern di menit ke-15 pun mentah dengan mudah, setelah Mats Hummels dan Javi Martínez sama-sama menanduk bola di depan gawang tanpa menyulitkan kiper lawan.

Empat menit berselang Bayern mendapatkan tendangan bebas di sisi kanan dari arah gawang. Namun, bola sepakan Joshua Kimmich masih meluncur tipis dari sasaran. Pun demikian dengan bola sepakannya dua menit kemudian, yang masih melambung tipis dari atas mistar.

Di menit ke-26 wasit menunjuk titik putih setelah Robert Lewandowski dilanggar Aleksandru Gatcan di kotak terlarang. Lewandowski sekaligus maju jadi algojo dan sukses mengecoh kiper Soslan Dzhanaev untuk bikin Bayern unggul 1-0.

Sepuluh menit kemudian kombinasi David Alaba dan Thomas Mueller nyaris membuahkan operan mantap untuk Lewandowski di kotak penalti. Tapi si kulit bundar lebih dulu dipotong Vladimir Granat.

Di menit ke-39, di tiang jauh Hummels menyundul bola yang lantas bisa ditepis kiper dan membentur mistar. Hummels sempat mendapat perawatan setelah wajahnya terkena kaki pemain lawan yang berusaha menyapu bola dalam proses tersebut.

Di injury time, David Alaba melepaskan umpan silang dari kiri yang kemudian disambut dengan akurat oleh Thomas Mueller untuk membuat Bayern unggul 2-0 di akhir paruh pertama.

Keunggulan Bayern bertambah di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-53. Douglas Costa mengirim umpan mataang ke depan gawang dan membuat Kimmich tinggal memberikan sontekan untuk mengirim bola ke dalam gawang Rostov.

Mirip dengan situasi sebelumnya, Bayern melakukan serangan balik cepat di menit ke-57. Yang membedakan, penyelesaian akhir Lewandowski terhadap operan Costa masih membuat bola melambung jauh dari bidang sasaran.

Memasuki menit ke-60, Bayern mencetak gol keempat. Dari tendangan bebas, Juan Bernat melayangkan bola ke kotak penalti lawan dan Kimmich yang melompat paling tinggi sukses mengarahkan bola sundulannya masuk ke gawang Rostov.

Dua menit kemudian Arturo Vidal melepaskan tembakan keras tepat sasaran yang masih bisa ditepis kiper Rostov Soslan Dzhanaev. Bola lalu membentur mistar dan menjauhi gawang tim tamu.

Di menit ke-90, dua pemain pengganti Bayern berkombinasi untuk bikin gol. Sodoran bola dari Franck Ribery di sisi kiri ke depan gawang diteruskan dengan jitu oleh Juan Bernat.

Susunan Pemain
Bayern: Neuer; Rafinha, Martinez, Hummels (Bernat 50′), Alaba, Kimmich, Vidal, Thiago (Renato Sanches 71′), Muller, Lewandowski, Douglas (Ribéry 64′).

Rostov: Dzhanaev; Terentjev, Mevlja, Cesar Navas, Granat, Kalachev, Erokhin, Gatcan, Noboa, Azmoun (Prepeliță 64′), Poloz (Doumbia 46′).(mb/detik)

Pos terkait