‘Letakkan Senjata’, TNI Kodam XII Tanjungpura Cetak 2.000 Hektar Sawah

Metrobatam, Kuburaya – Pemerintah menargetkan program ketahanan pangan bagi rakyat. Namun, untuk menyukseskan ptogram tersebut, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Komando daerah militer XII Tanjungpura (Kodam XII Tpr) mengganti senjata api dengan cangkul dan alat berat lainnya. Khusus di wilayah Kubu Raya, korps militer menyelesaikan cetak sawah seluas 2.000 hektar dari target 33.455 hektar.

“Program cetak sawah Kodam XII Tanjungpura sudah dinyatakan selesai 100 persen oleh tim verivikasi TNI AD dari pusat sejak 31 Agustus 2016 lalu,” kata Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) XII Tanjungpura Kolonel Infanteri Tri Rana Subekti, Senin (10/10).

Bacaan Lainnya

Tri menjelaskan dari 33.455 hektar cetak sawah yang sudah dilakukan oleh Kodam XII Tpr terbagi di beberapa lokai. Saat ini, yang sudah dinyatakan selesai diantaranya seluas 16.905 hektar dilaksanakan di Kalimantan Barat dan seluas 16.550 hektar dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Pada pertengahan September lalu kami juga melakukan tanam serentak, di Desa Sumsum Kabupaten Landak, kelanjutan dari program cetak sawah Kodam XII Tanjungpura, Khusus untuk Kubu Raya cetak sawah sudah kami lakukan seluas 2000 hektar,” ujarnya.

Dikatakan Tri, lahan yang digunakan untuk rogram cetak sawah ini bermacam-macam. Ada lahan masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani, lahan milik pemerintah, maupun pemanfaatan lahan tidur milik masyarakat yang sudah lama mangkrak.

“Namun yang paling banyak dilakukan untuk cetak sawah ini dengan membuka lahan baru,” tuturnya.

Program cetak sawah yang dilakukan TNI ini kata dia merupakan bagian dari komponen bangsa wajib ikut serta dalam menyukseskan program Ketahanan Pangan Nasional. Hal ini sesuai dengan yang diamanatkan oleh UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang tugas TNI melalui Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yaitu memberdayakan wilayah pertahanan dan membantu pemerintah di daerah.

“Besar harapan kami melalui program cetak sawah yang kami lakukan ini, dapat meningkatkan produktifitas pertanian di Kalimantan Barat,termasuk Kubu Raya,” sambung Tri.

Oleh karena itu, Tri menegaskan dalam tugas ini, Kodam XII/Tpr mempelopori dan mengajak komponen bangsa lainnya terutama pemerintah daerah untuk menyukseskan program Ketahanan Pangan Nasional. Kodam XII/Tpr juga berupaya untuk mendorong dan mendampingi dalam menyelenggarakan program ketahanan pangan.

“Keberhasilan yang sudah dicapai karena adanya kerja sama dan sinergi yang baik antara Kodam XII/Tpr, dengan masyarakat maupun Instansi terkait,” pungkasnya. (mb/okezone)

Pos terkait