Pemko Batam Buka Lelang 6 Posisi untuk Pejabat Eselon IIB

Walikota Batam, Muhammad Rudi

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah Kota Batam membuka seleksi untuk enam posisi pejabat eselon IIB, Senin (3/10). Keenam posisi yang dilelang yakni Kepala Dinas Tata Kota (Distako); Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda); Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Kehutanan (KP2K); Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan KB (BPPAKB); Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP); dan Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Investasi.

Posisi Kepala Distako, Satpol PP, dan Dispenda dilelang karena saat ini hanya dijabat Sekretaris sebagai Pelaksana Tugas. Sedangkan jabatan Kepala BPPAKB dan KP2K dibuka seleksinya karena pimpinannya saat ini sedang memasuki masa pensiun.

Read More

“Iya, Senin kita umumkan. Tahap pertama ini ada enam kepala dinas. Setelah SOTK (struktur organisasi dan tata kerja) baru banyak,” kata Walikota Batam, Muhammad Rudi, di Kantor Walikota Batam.

Menurutnya bila ada perubahan struktur dinas di SOTK baru nanti, maka tinggal dilakukan penyesuaian. Tidak perlu melalui panitia seleksi lagi seperti sekarang.

Seleksi terbuka ini merupakan kali kedua dalam masa kepemimpinan Walikota-Wakil Walikota Batam, Muhammad Rudi-Amsakar Achmad. Pekan lalu seleksi terbuka diumumkan untuk satu-satunya posisi pejabat eselon IIA di Pemko Batam, yaitu Sekretaris Daerah.

Kepala Sekretariat Panitia Seleksi, M. Syahir mengatakan hingga hari kelima pendaftaran, belum satu pun pegawai yang memasukkan berkas pencalonan. Menurut dia, waktu pendaftaran yang cukup panjang, tiga minggu membuat belum ada pendaftar hingga sepekan berjalan.

“Sampai sekarang belum ada. Kalau tanya-tanya saja sudah. Biasanya di akhir-akhir baru pada daftar, seperti pencalonan kepala daerah juga,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Kota Batam ini, Jumat (29/9) lalu.

Menurut Syahir, untuk menghindari kecurangan melalui tatap muka, maka pendaftaran dilakukan secara dalam jaringan atau online. Kelengkapan berkas pun dikirimkan melalui kantor pos.

“Jadi pegawai yang berminat bisa daftar ke pansel melalui email [email protected] untuk posisi Sekda. Sementara untuk posisi eselon IIB ke email [email protected] Berkas-berkasnya selain di-scan untuk pendaftaran online juga dikirimkan ke sekretariat pansel melalui pos, tidak orangnya langsung yang datang ke sini,” ujarnya.

Syahir mengatakan bagi pegawai negeri sipil di lingkungan Provinsi Kepulauan Riau yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang seleksi terbuka ini dapat melihat pengumumannya di web mediacenter.batam.go.id.

Mb/Mediacenterbatam

Related posts