Tim Pemberantasan Pungli Kota Batam Siap Laksanakan Tugas

Ilustrasi

Metrobatam.com, Batam – Hari ini, Rabu (26/10), tim pemberantasan pungutan liar (pungli) Kota Batam mulai turun ke lapangan. Tim ini diketuai Sekretaris Daerah dengan anggota di antaranya Asisten Pemerintahan, Asisten Ekonomi Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, serta Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD).

Kepala BKD Batam, M Syahir mengatakan tim rencananya akan turun dua kali setiap pekannya. Dan bergiliran dari satu dinas ke dinas lain.

Read More

“Nanti semua dinas kita turun, tak hanya dinas pelayanan seperti yang disebutkan Pak Wali. Semua. Bahkan kita juga akan turun ke sekolah-sekolah,” kata Syahir.

Menurutnya, di beberapa sekolah masih terdapat pegawai yang menjabat sebagai bendahara selama lebih dari lima tahun. Padahal idealnya bendahara diganti dua tahun sekali.

“Tidak ada ketentuan baku hanya kalau terlalu lama, menjadi terlalu familiar, di situ rawannya,” kata dia.

Meski bernama tim pemberantasan pungli, saat turun pemeriksaan tak hanya seputar pungutan liar, tapi secara menyeluruh. Termasuk jalannya pelayanan, kehadiran pegawai, kedisiplinan pegawai, dan hal terkait lainnya.

Dan menurut Syahir, tak masalah bila dinas yang dituju sudah mengetahui akan adanya tim yang turun. Karena tujuan dari tim ini adalah dinas melakukan pembersihan.

“Yang penting ada gerakan bersih-bersih. Agar mereka merasa diawasi,” ujarnya.

 

(Mb/Mcb)

Related posts