Batam-Kerinci Kerjasama Perdagangan Pangan

Metrobatam.com, Batam – Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, serta Pemerintah Kabupaten Kerinci dan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, sepakat bekerja sama di bidang pangan.

Kesepakatan itu dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani di Batam, Selasa.

Read More

Dengan kerja sama itu, hasil pangan dari Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat akan dipasok ke Kota Batam untuk memenuhi kebutuhan warga kota.

“Ini penting untuk Batam, karena kami membutuhkan kepastian pasokan pangan,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi usai penandatanganan MoU.

Pulau Batam tidak memiliki ruang untuk pertanian dan perkebunan, sehingga harus mendatangkan kebutuhan dari daerah lain.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Kerinci Zainal Abidin mengatakan hasil pertanian dan perkebunan daerahnya memiliki kualitas bagus sehingga tidak akan mengecewakan pasar Batam.

Harga yang ditawarkan petani dan pedagang pun relatif lebih murah, karena kebutuhan pangan yang dihasilkan jumlahnya relatif banyak.

“Kami menyambut baik kerja sama ini. Kami berharap bisa memasoknya ke Batam. Harapan besarnya, agar masyarakat petani Kerinci mendapatkan penghasilan yang stabil dengan hargajual stabil di pasaran,” kata dia.

Bupati Tanjung Jabung Barat, Safrial mengatakan di daerahnya terdapat banyak sumber daya alam yang bisa dipasok ke Batam.

Kabupaten di Provinsi Jambi itu memiliki minyak kelapa sayur, kopi liberika, teh dan lainnya.

“Kualitas minyak sayurnya lebih baik dari minyak sayur yang sudah terkenal dan harganya lebih murah,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Batam Ardiwinata menyatakan setelah penandatanganan nota kesepahaman, maka selanjutnya akan dirancang Perjanjian Kerja Sama.

Pemerintah daerah terkait juga akan mempertemukan gabungan kelompok petani dengan pengusaha distributor di Kota Batam agar hubungan bisnis bisa terjalin dengan baik. (mb/Antara)

Related posts