Ini Beberapa Tanda Busi Perlu Diganti

Metrobatam.com, (Mb) – Busi merupakan sebuah komponen kecil pada kendaraan bermotor yang perlu diperhatikan. Busi berfungsi untuk memercikan api guna membakar campuran bensin dan udara.

Busi juga perlu diganti secara rutin jika kondisinya sudah tidak bagus lagi. Menurut Manager Technical Service Denso Sales Indonesia, Supriyono, ada beberapa tanda busi yang perlu diganti.

Read More

“Tanda-tanda busi perlu diganti itu ketika mesin di-starter susah. Kemudian ada brebet pada saat akselerasi. Memang itu tidak mutlak dari busi, tapi bisa juga dari busi,” kata Supriyono kepada awak media  saat ditemui di bengkel PIT & GO Ciputat.

Kondisi busi juga bisa dilihat dari fisiknya. Biasanya, busi yang sudah tidak bagus kondisinya terdapat kerak hitam.

“Kalau dari fisik biasanya ada kerak hitam, kemudian ada kemerah-merahan, ada juga yang rusak karena panas,” kata Supriyono.

Busi dengan kinerja terbaik akan membuat performa mesin lebih baik. Ketika busi dalam keadaan bagus, mesin jadi mudah dihidupkan.

“Kalau sistem sudah komplet, itu starternya gampang. Kemudian, waktu di RPM rendah dia stabil. Kecepatan tinggi karena dia butuh pengapian yang mempengaruhi performa mesin, jadi pada kecepatan tinggi stabil, mesinnya getarannya tidak terlalu parah dan tidak ada brebet,” ujar Supriyono.

Mb

Related posts