BNI Buat Kartu Khusus untuk TKI di Singapura

Singapura – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura meluncurkan Kartu Pekerja Indonesia-Singapura (KPIS).

Kartu ini memiliki berbagai manfaat, yaitu memudahkan para pekerja Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Singapura dalam mengakses informasi terkait ketenagakerjaan serta menjadi kartu perlindungan bagi TKI.

Kartu yang sama juga berfungsi sebagai kartu yang dapat digunakan pada Anjungan Tunai Mandiri (ATM). BNI menerbitkannya sebagai kartu Co-Branding berbasis Kartu Debit BNI.

Hadir pada kesempatan ini adalah Sekjen Kementerian Luar Negeri Yohanes Kristiarto Soeyo Legowo, Dubes RI untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya, Dirut Pegadaian Riswinandi, Wadirut BNI Suprajarto, Direktur Konsumer Banking BNI Anggoro Eko Cahyono, serta Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati.

Bacaan Lainnya

Suprajarto menjelaskan, KPIS dapat menjadi bukti identitas pekerja Indonesia di Singapura dan dapat menjadi kartu finansial. Kartu ini memberikan kemudahan bertransaksi perbankan dengan ATM BNI maupun bank lain di Singapura, bertransaksi dengan SMS banking, transaksi belanja di mesin Electronic Data Capture (EDC), serta kiriman uang ke Indonesia dengan biaya bersaing.

“Sebagai apresiasi BNI kepada pemegang KPIS Co-Branding berbasis kartu debit BNI ini, kami melaksanakan program diskon untuk transaksi kiriman uang ke Indonesia sebesar SG$ 50 sen. Selain itu dalam rangka sinergi BUMN, KPIS ini dapat digunakan untuk transaksi pembelian tabungan emas Pegadaian melalui ATM BNI yang terdapat di BNI Robinson Road,” kata Suprajarto.

Dia menambahkan, BNI juga memiliki berbagai program pemberdayaan TKI dan keluarga TKI yang dilaksanakan di dalam negeri atau program Keluarga Migran Indonesia.

“Program tersebut didesain secara komprehensif, mencakup program selama periode Pre-Departure, serta selama periode menuju kembalinya TKI ke tanah air,” tutupnya. (mb/detik)

Pos terkait