BPS : Batam No 5 di Sumatera, ke – 8 Se – Indoonesia untuk IHK

Metrobatam.com Batam – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Riau menyampaikan terjadi inflasi sebesar 0,96 persen pada bulan November 2016 di Kota Batam dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 126,63. Tingkat inflasi tahun kalender (November 2016 terhadap Desember 2015) sebesar 3,34 persen. Tingkat inflasi tahun ke tahun (November 2016 terhadap November 2015) sebesar 4,36 persen.

Inflasi di Kota Batam disebabkan naiknya indeks pada empat kelompok pengeluaran, yaitu: kelompok pengeluaran bahan makanan 4,45 persen; kelompok pengeluaran sandang 0,04 persen; kelompok pengeluaran makanan jadi, minuman dan rokok 0,03 persen; dan kelompok pengeluaran kesehatan 0,02 persen, hal ini disampaikan oleh BPS Kepulauan Riau (Kepri) dalam siaran persnya kepada Metrobatam, Kamis (1/12) kemaren.

Read More

Sebaliknya ada tiga kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks yaitu kelompok pengeluaran perumahan, listrik, gas dan bahan bakar 0,03 persen; kelompok pengeluaran pendidikan, rekreasi dan olah raga 0,03 persen; dan kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan 0,01 persen. Dari 23 kota IHK di Sumatera, kesemuanya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Pekanbaru 1,30 persen dan inflasi terendah terjadi di Kota Bengkulu sebesar 0,06 persen.

Secara nasional dari 82 kota IHK tercatat 78 kota mengalami inflasi dan 4 kota yang mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Kota Manado sebesar 2,86 persen dan inflasi terendah terjadi di Kota Singkawang 0,05 persen. Sebaliknya deflasi tertinggi terjadi di Kota Bau-Bau sebesar 1,54 persen dan deflasi terendah terjadi di Kendari sebesar 0,22 persen.

Komoditas yang mengalami kenaikan harga antara lain: cabai merah, bayam, kacang panjang, cabai rawit, kangkung, tomat sayur, sawi hijau, anggur, tomat buah, ketimun, selar, kepiting, terong panjang, cabai hijau, daging sapi, apel, sawi putih, kembang kol. Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga antara lain: telur ayam ras, beras, daging ayam ras, sotong, pepaya, gula pasir, minyak goreng, tongkol, kentang, paku, daun bawang, wortel, pisang, AC, sepeda, televisi bewarna, telur puyuh, mesin cuci.

Batam menempati urutan ke-5 dari 23 kota IHK di Sumatera, yang mengalami Inflasi. Bila diurutkan inflasi tertinggi dari 82 kota IHK Se-Indonesia, Batam menempati urutan ke-8 dari 78 kota yang mengalami Inflasi dan 4 kota yang mengalami deflasi. (MB)

Related posts