Nurdin Basirun: Ekonomi Kepri Anjlok

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun

Metrobatam.com, Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menyatakan perekonomian di wilayah itu pada tahun ini anjlok karena berbagai faktor.

“Perekonomian Kepri selama ini bertumpu pada Batam, sementara kondisi perekonomian di kota itu melemah karena dipengaruhi berbagai permasalahan,” ujar Nurdin saat pidato sebelum menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran di Aula Kantor Pemprov Kepri, Kamis.

Read More

Nurdin berharap potensi kabupaten dan kota dikelola secara maksimal sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian.

Dia menyontohkan Kabupaten Bintan memiliki potensi pertanian dan perikanan, Lingga memiliki potensi pertanian dan perikanan, serta sektor kemaritiman dapat dikembangkan di Natuna dan Anambas.

Karimun juga mengembangkan sektor pertambangan dan pariwisata sehingga meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Tanjungpinang juga dapat meningkatkan sektor pariwisata.

Masing-masing daerah memiliki potensi perekonomian yang dapat dikembangkan sehingga ke depan seluruh kabupaten dan kota berkembang pesat.

“Bupati dan wali kota di Kepri hebat-hebat. Mari bersama-sama bekerja keras membangun perekonomian di Kepri,” ujarnya.

Nurdin juga berharap pemerintah kabupaten dan kota di Kepri segera menyetujui anggaran daerah agar dapat digunakan untuk pembangunan dan kegiatan lainnya yang menyentuh pada kebutuhan publik.

“Pengaruh anggaran daerah terhadap pertumbuhan perekonomian di Kepri cukup besar,” katanya.

Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Riau (BPS KEPRI) mencatat pertumbuhan ekonomi di wilayah itu pada Triwulan I tahun 2016 hanya 4,58 persen , melambat dibandingkan triwulan yang sama pada tahun 2015 lalu.

Triwulan I tahun 2015 pertumbuhan ekonomi sebesar 6,83 persen.

Sementara Pertumbuhan perekonomian Provinsi Kepri mengalami peningkatan di triwulan II 2016.Pertumbuhan ekonomi  Kepri triwulan II sebesar 5,40 persen lebih tinggi dari sebelumnya yang tumbuh 4,54 persen.

Perekonomian Kepri triwulan III-2016 terhadap triwulan II-2016 tumbuh 0,34 persen. Sedangkan pertumbuhan perekonomian melambat dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang tumbuh mencapai 5,40 persen.

Mb/Antara

Related posts