Nurdin Himbau Tetap Lestarikan Budaya Melayu yang Merupakan Identitas Negara

Metrobatam.com Tanjungpinang – Gubernur H Nurdin Basirun mengajak semua elemen masyarakat untuk melestarikan budaya yang sudah ada. Dengan keberadaan yang tetap utuh, budaya itu dapat dijadikan identitas bangsa.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada para penyair karena telah memepertahankan seni budaya pusaka bagi Kepri,” ujar Nurdin saat menghadiri Anugerah Jembia Emas, di CK Hotel Tanjungpinang, Kamis (15/12) malam. Anugerah ini disejalankan dengan Jamuan Selamat Datang Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) IX.

Read More

Menurut Nurdin, dengan kegiatan seperti inilah dapat menjadi indikator pembangunan terutama di bidang kebudayaan. Nurdin juga mengucapkan selamat kepada Husnizar Hood peraih Anugerah Jembia Emas perdana ini.

“Dengan terpilihnya Husnizar Hood semoga Husnizar dapat menjadi guru yang baik untuk membangun kader-kader penyair di Kepri yang kita cintai ini ” lanjut Nurdin.

Ada 10 nama Nominator yang seluruhnya dinyatakan layak untuk masuk daftar nomine. Anugerah Jembia Emas 2016 sendiri menetapkan Husnizar sebagai penerima anugerah tersebut berhak menerima hadiah utama berupa trofi penghargaan serta hadiah uang tunai senilai Rp 25 juta.

“Namun, mengapa bisa nama Husnizar Hood berada di daftar pemuncak sehingga bisa ditetapkan sebagai penerima Anugerah Jembia Emas 2016? itu dikarenakan dengan mengikut kualifikasi yang ada, Husnizar mendapatkan nilai paling tinggi. Namun tetap ada beberapa aspek kelemahannya tidak ada nominator yang mendapatkan nilai 100 di kualifikasi penilaian itu, yang mengatur adalah dewan juri sehingga ada beberapa pedoman dan aturan-aturan yang mempengaruhi pada penilaian yang ada,” kata Rida K Liamsi, Ketua Yayasan Jembia Emas.

Menurut Rida, ini adalah sebuah awal. Dia mengharapkan Anugerah Jembia Emas ini kelak terus merangsang dan mendorong bagi seluruh seniman untuk tidak henti-hentinya mengeluarkan karya-karyanya. “Semangat terus berkarya dan hargai lah usaha perjuangan para penyair,” lanjut Rida.

Pada malam itu, Gubernur dan para penyair menandatangi buku puisi berjudul Rose Berputik di Batu Karang dan memberikan penghargaan kepada 7 penyair muda berprestasi dari Kepri yang dipilih Yayasan Anugrah Jembia Emas.

Di akhir perhelatan Gubernur bersama-sama penyair saling membacakan puisi diiringi rentak musik dari Samudera Assamble. Turut Hadir Sekda Prov Kepri H TS Arif Fadillah, Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad, Kepala Dinas Kebudayaan Yatim Mustapa. (MB/Humaspemprov)

Related posts