Pemprov Galang Dana Peduli Aceh Disela Pengajian Mingguan

Metrobatam.com Tanjungpinang – Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengatakan, sudah seharusnya sebagai umat beragama untuk tidak segan-segan dalam beramal dalam bentuk apapun selagi itu positif dan bermanfaat untuk sesama.

“Mari bersama-sama dimulai dari niat diri sendiri untuk beramal dalam bentuk apapun, karna segala perbuatan yang baik merupakan bekal amal yang akan kita bawa kelak dan tentu bekal tersebut akan terus berlipat ganda jika terus kita amalkan,” ujar Nurdin saat menghadiri pengajian mingguan disejalankan zikir dan doa untuk masyarakat Aceh, serta pengukuhan pengurus unit pengumpul zakat (UPZ) Instansi, SKPD, Kantor dan Badan di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Jum’at (09/12) di Aula Wan Seri Beni, Kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang.

Read More

Nurdin juga mengajak seluruh hadirin untuk memanjatkan doa yang tulus juga memberikan berbagai bantuan dengan ikhlas baik dana maupun kebutuhan pokok untuk saudara sebangsa yang sedang ditimpa musibah gempa di Bumi Aceh saat ini.

“Setiap doa dan bantuan yang diberikan sangat berguna untuk saudara kita, apapun itu bentuknya dan berapapun jumlahnya. Kita tidak akan rugi dengan memberikan bantuan tersebut, karna Allah SWT maha melihat dan maha tau perbuatan kita , segala amal yang dilakukan akan dibalas nantinya dengan kebaikan yang berlipat ganda,” lanjut Nurdin.

Pengajian mingguan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Nurhayati Perwakilan dari Biro Pembangunan ,Kemudian dipandu langsung pembacaan zikirnya oleh Ustad Fahmi Ulum Al-hafiz yang mana doa juga dipanjatkan untuk masyarakat Aceh yang sedang ditimpa musibah Gempa Bumi beberapa hari yang lalu.

Selain itu disejalankan pula dengan pengukuhan pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di lingkungan Provinsi Kepulauan Riau oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun. Yakni berdasarkan Surat Keputusannya menetapkan 34 Instansi, SKPD, Kantor dan Badan Yang nantinya di harapkan dapat menerima dan mengumpulkan zakat maal, infaq dan sedekah dari pendapatan ASN , PTT dan honorer muslim dimasing-masing instansi nya serta melaksanakan tugasnya wajib berkordinasi, melaporkan dan menyetorkan secara berkala hasil pengumpulan zakat maal, pendapatan dan jasa atau profesi kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepulauan Riau.

“Untuk pengurus UPZ yang dilantik mari kita dorong agar jalan dan kerjanya bisa maksimal, Saya yakin bagi teman – teman yang berkeinginan untuk berzakat tentu mengalami kesulitan dengan cara berzakat, dengan di bentuk UPZ ini nantinya teman- teman dapat di mudahkan dalam berzakat profesi karena berzakat langsung di potong dari penghasilan setiap bulan sehingga tidak memberatkan. Dengan pengukuhan pengurus UPZ di instansi,skpd, badan dan kantor di provinsi kepulauanan riau ini tentunya dapat berperan penting juga dalam menyatukan dan memperkuat silaturohim dengan cara membayar zakat,” ujar Nurdin dalam sambutannya.

Direktur Pemberdayaan Zakat Kementrian Agama RI, Drs.H Tarmizi Tohor ,M.AG Berharap dengan pelantikan ini agar dapat memantapkan program 2017 dan transparankan uang zakat untuk memberantas kemiskinan.

“Zakat ini merupakan Potensi pengembangan ekonomi berbasis islam dalam pengentasan kemiskinan, kami juga akan membimbing terus Baznas Provinsi kepri dalam menjalankan programnya,” kata Tarmizi.

Kegiatan Pengajian ditutup dengan melakukan Penggalangan dana untuk masyarakat Aceh, yang nantinya dana yang telah terkumpul akan langsung diberikan langsung oleh Gubernur Nurdin ke masyarakat yang berada di Aceh. (MB/Humaskepri)
[td_block_text_with_title]


[/td_block_text_with_title]

Related posts