Polda Kepri Serahkan Tersangka Pungli Disduk Kota Batam Ke Kejaksaan

Metrobatam.com, Batam – Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kepri telah melimpahkan dua tersangka oknum PNS Dinas Kependudukan Kota Batam yang tertangkap tangan saat melakukan pungli kepengurusan dokumen pada 17 Oktober 2016 ke Kejaksaan Tinggi Kepri.

“Pemeriksaan sudah selesai, sudah P-21 dan selanjutnya Jumat (16/12) kami limpahkan untuk tahap dua ke kejaksaan,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kepri Kombes Eko Puji Nugroho di Batam, Selasa.

Read More

Dua tersangka kasus tersebut adalah Jm alias Boy selaku Kepala Bidang Catatan Sipil dan staf bidang catatan sipil Ir.

Ia mengatakan, pernyerahan tersebut sekaligus bersama barang bukti yang diamankan saat operasi tangkap tangan serta bukti tambahan lain.

“Uang hasil operasi tangkap tangan dan dokumen-dokumen pengurusan surat-surat kependudukan juga sudah kami serahkan ke kejaksaan,” kata dia.

Saat ini, kata Eko, tugas kepolisian tinggal memantau proses selanjutnya hingga persidangan dan vonis.

Kedua pelaku tersebut dijerat dengan pasal 368 KUHP, Pasal 95 huruf B UU RI No.24 tahun 2013 tentang Perubahan atas UU RI No.23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Isi dalam pasal tersebut adalah bahwa setiap pejabat dan petugas pada desa/kelurahan, kecamatan, UPT instansi pelaksana dan instansi pelaksana yang memerintahkan dan atau memfasilitasi dan atau melakukan pungutan biaya kepada penduduk dalam pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79.A (Pengurusan dan penerbitan dokumen kependudukan tidak dipungut biaya), terancam pidana 6 tahun atau denda paling banyak Rp75 juta.

“Selain itu juga dijerat dengan undang-undang tindak pidana korupsi,” kata Eko.

Eko mengatakan bahwa selama penyidikan, kedua tersangka mengakui aliran uang pungli dinikmati sendiri sehingga kepolisian sulit untuk menetapkan tersangka lain.

“Harapan kami nanti ada fakta baru dipersidangan. Sehingga akan mengungkap aliran dana kasus ini,” kata dia.

Mb/Antara

Related posts